Peringatan! Akun Google yang tidak aktif selama dua tahun bakal dihapus

Peringatan! Akun Google yang tidak aktif selama dua tahun bakal dihapus

Techno.id - Google baru-baru ini mengeluarkan peringatan akan menghapus akun pengguna yang tidak aktif. Google menargetkan akun Google pribadi yang tidak digunakan atau masuk ke akun tersebut setidaknya selama dua tahun. Aturan ini akan mulai diterapkan pada Desember 2023. Saat ini tercatat ada sekitar 1,8 miliar pengguna Gmail aktif dan sekitar 2 miliar pengguna Google Photos aktif.

Google mengeluarkan kebijakan ini terkait masalah keamanan akun yang rentan disusupi dan kurangnya otentikasi dua faktor. Pembaruan kebijakan Google ini akan menyoroti pembersihan konten yang mencakup data yang tersimpan di berbagai layanan Google, seperti Gmail, Documents, Drive, Meet, Calendar, dan Google Photos.

Penting untuk dicatat bahwa Google berencana menjalankan proses ini dengan hati-hati. Terlebih dahulu Google akan memberikan pemberitahuan kepada pengguna. Akun pertama yang akan terpengaruh adalah akun yang dibuat tetapi belum pernah digunakan.

Untuk memastikan pengguna mendapatkan informasi yang cukup, Google akan mengirimkan beberapa notifikasi menjelang penghapusan ke alamat email akun dan email pemulihan, jika tersedia.

Peringatan! Akun Google yang tidak aktif selama dua tahun bakal dihapus foto: techno.id/yani andriyansyah

Keputusan Google untuk menghapus akun yang tidak aktif berawal dari masalah keamanan. Google menjelaskan, akun yang tidak digunakan dalam waktu lama, lebih rentan terhadap penyusupan, terutama jika akun tersebut mengandalkan kata sandi lama atau yang telah digunakan berulang kali.

Akun-akun yang tidak aktif ini juga cenderung tidak mengaktifkan autentikasi dua faktor. Hal ini menjadikannya target yang lebih mudah untuk potensi pelanggaran. Analisis Google mengungkapkan bahwa akun yang ditinggalkan setidaknya 10 kali, lebih kecil kemungkinannya untuk menyiapkan verifikasi dua langkah dibandingkan dengan akun yang aktif.

Untuk mengatasi masalah keamanan ini, Google menyarankan pengguna mempertimbangkan menggunakan aplikasi pengelola kata sandi di samping mengaktifkan autentikasi dua faktor. Kombinasi ini dapat meningkatkan keamanan akun.

Cara ini memungkinkan pengguna menyimpan kata sandi yang unik dan kuat untuk setiap layanan. Bisa juga menggunakan akun sementara untuk mengingat kata sandi utama pada aplikasi pengelola kata sandi. Karena itu jika pengguna memiliki akun Google yang sudah lama tidak digunakan, inilah saatnya untuk mengingat kata sandi yang terlupa.

(brl/red)