6 Cara membersihkan kamera ponsel yang berdebu, buram  dan berembun

6 Cara membersihkan kamera ponsel yang berdebu, buram  dan berembun

-

3. Gunakan cairan pembersih lensa

6 Cara membersihkan kamera ponsel yang berdebu, buram dan berembun foto: freepik.com/ kuprevich

Kamu juga bisa menggunakan cairan khusus pembersih lensa atau kacamata. Caranya tuangkan beberapa tetes cairan pembersih pada kain lembut.

Lalu usap secara perlahan. Setelah itu bersihkan dengan kain lembut lain untuk mengeringkan sisa-sisa cairan pembersih yang masih menempel di lensa kamera. Kamu juga bisa menggunkan ciran pembersih layar komputer atau laptop.

4. Mengatasi lensa kamera berembun

6 Cara membersihkan kamera ponsel yang berdebu, buram dan berembun foto: freepik.com/rawpixel.com

Ada kalanya lensa kamera ponsel kamu berembun. Kondisi ini umumnya disebabkan bagian permukaan kamera kemasukan air. Nah masalah seperti ini sebenarnya cukup merepotkan karena bagian dalam permukaan lensa yang bermasalah dan tidak bisa dibersihkan dari luar.

Lantas, apakah harus dibuka atau dibongkar smartphone kamu? Sebenarnya ada cara yang cukup sederhana untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya, gunakan smartphone kamu untuk bermain game yang berat.

Sebab, dengan memainkan game yang berat smartphone akan cepat panas. Nah panas tersebut bisa menghilangkan embun yang ada di bagian dalam lensa kamera smartphone kamu.

5. Mengatasi kamera blur

6 Cara membersihkan kamera ponsel yang berdebu, buram dan berembun foto: freepik.com/marymarkevich

Ada dua kondisi yang menyebabkan kamera ponsel blur, yaitu kerusakan fisik karena goresan atau karena software-nya bermasalah sehingga menyebabkan bug. Jika keburaman tersebut disebabkan goresan tipis pada layar bagian luar kamera, untuk memperbaikinya cukup mudah.

Pertama siapkan isolasi transparan. Tempelkan isolasi pada seluruh permukaan lensa kamera. Fungsi isolasi transparan adalah untuk mengaburkan goresan yang ada di permukaan lensa kamera ponsel.

6. Reset ulang ponsel

6 Cara membersihkan kamera ponsel yang berdebu, buram dan berembun foto: freepik.com/rawpixel.com

Jika kamera ponsel kamu baik-baik saja tetapi gambar tetap blur, kemungkinan hal tersebut dikarenakan software lensa bermasalah. Karena itu sebaiknya kamu perbarui sistem smartphone kamu. Hanya saja update sistem tidak selalu disediakan penyedia perangkat. Nah jika belum ada notifikasi perbaruan sistem, ada baiknya reset ulang saja smartphone kamu. Tujuannya untuk menghilangkan error pada pengaturan kamera HP.

Terkadang pengguna tidak sengaja mereset pengaturan kamera ponsel atau mengubah setting kamera. Hal ini juga bisa menyebabkan kamera buram. Kamu bisa mengatur ulang setting-an dengan mengembalikan ke kondisi semula (default) di pengaturan menu kamera.

(brl/red)