6 Cara hemat baterai smartphone biar daya tahannya lebih lama

6 Cara hemat baterai smartphone biar daya tahannya lebih lama

Techno.id - Salah satu fitur yang paling mengecewakan pada hampir semua ponsel pintar saat ini adalah daya tahan baterai. Sebagian besar pengguna setidaknya butuh satu kali pengisian daya per 24 jam.

Apakah kamu seorang pengguna yang boros daya atau hanya membutuhkan beberapa tips singkat tentang perawatan baterai? Saatnya untuk memahami dan mengendalikan konsumsi daya smartphone kamu. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk menghemat baterai smartphone kamu.

1. Mengatur kecerahan layar

6 Cara hemat baterai smartphone biar daya tahannya lebih lama foto: unsplash/ali pli

Bukan rahasia lagi jika layar smartphone adalah penguras daya terbesar. Semakin terang layar, maka makin banyak energi yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu latar. Dengan membatasi kecerahan maksimum layar, baterai akan lebih sedikit digunakan.

Sebagian besar smartphone saat ini dilengkapi sensor cahaya yang mendeteksi kondisi pencahayaan sekitar dan menyesuaikan kecerahan layar. Meskipun ini sangat bagus di malam hari atau di bawah sinar matahari, smartphone akan memaksimalkan pengaturan kecerahannya dan memakan banyak daya. Dengan membatasi kecerahan, kamu dapat menghemat baterai.

2. Atur mati otomatis

6 Cara hemat baterai smartphone biar daya tahannya lebih lama foto: unsplash/oliur

Waktu yang dibutuhkan lampu latar untuk mati juga dapat memengaruhi daya tahan baterai. Jadi untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone kamu, cobalah kurangi waktu mati otomatis hingga tidak lebih dari satu menit.

3. Nonaktifkan Bluetoothdan Wifi

6 Cara hemat baterai smartphone biar daya tahannya lebih lama foto: unsplash+

Sebaiknya nonaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth jika kamu tidak berniat menggunakannya untuk sementara waktu. Beberapa ponsel akan secara otomatis terhubung ke jaringan publik apa pun yang mereka temui, sehingga ponsel kamu bisa saja membuang-buang daya baterai tanpa ada manfaatnya sama sekali.

(brl/red)