Cara memeriksa kesehatan baterai iPhone dan cara menjaganya agar tetap awet

Cara memeriksa kesehatan baterai iPhone dan cara menjaganya agar tetap awet

Techno.id - Mengetahui kesehatan baterai iPhone sangat penting. Sebab, banyak pengguna yang mungkin tidak mengetahui caranya. Padahal, iPhone menyematkan fitur yang memungkinkan kamu melihat beberapa informasi terkait baterai.

Nah jika kamu membeli iPhone bekas atau yang sudah diperbarui (rekondisi), ada baiknya memeriksa kesehatan baterainya sebelum membayarnya. Sebaliknya, memiliki kapasitas baterai yang baik akan meningkatkan nilai jual kembali iPhone kamu.

Cara memeriksa kesehatan baterai iPhone sebenarnya cukup mudah. Kamu buka Pengaturan lalu ketuk Baterai. Setelah itu pilih Kesehatan Baterai. Kamu dapat melihat informasi baterai iPhone seperti berikut ini.

Cara memeriksa kesehatan baterai iPhone dan cara menjaganya agar tetap awet foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Kapasitas Maksimum

Ini adalah fitur yang memungkinkan kamu mengetahui seperti apa kapasitas baterai sekarang dibandingkan saat masih baru. Persentase yang lebih tinggi berarti tidak banyak mengalami penurunan. Namun, seiring berjalannya waktu, kapasitas maksimum akan turun hingga diperlukan penggantian baterai.

Dalam kondisi biasa, baterai dirancang untuk mempertahankan hingga 80% dari kapasitas aslinya setelah 500 siklus pengisian daya. Jika baterai tidak dipasang dengan benar atau iPhone kamu tidak mengenali bagian baterai, maka statistik kesehatan baterai tidak akan ditampilkan.

Jika kapasitas baterai kamu telah turun hingga sangat rendah sehingga perlu diganti, alih-alih kapasitas maksimum, kamu akan diperlihatkan pesan bahwa kesehatan baterai kamu telah menurun.

Kemampuan Kinerja Puncak

Fitur ini memberi tahu kamu jika baterai masih dapat memberikan kinerja untuk mempertahankan semua fungsi iPhone pada tingkat puncaknya. Selama periode waktu tertentu, baterai mungkin akan kesulitan untuk mempertahankan level yang diperlukan, dan saat itulah iPhone kamu mungkin akan mati.

Saat perangkat mati tanpas sebab, iPhone akan menerapkan Manajemen kinerja yang mencegahnya bekerja pada tingkat puncak untuk mengurangi tekanan pada baterai. Kamu dapat mematikannya dengan mengetuk Nonaktifkan.

(brl/red)