Begini cara mengalibrasi baterai ponsel Android setelah mem-flash ROM baru

Begini cara mengalibrasi baterai ponsel Android setelah mem-flash ROM baru

Techno.id - Saat ini masih banyak smartphone Android yang memiliki daya tahan baterai kurang mumpuni. Meski handset saat ini dilengkapi baterai isi ulang yang dapat bertahan satu atau dua hari, tergantung pada bahan yang digunakan atau bagaimana perangkat digunakan.

Satu-satunya penyebab dibalik konsumsi baterai yang sangat besar terletak pada sistem operasi Android itu sendiri. Sebab, sistem operasi ini dirancang untuk terus menerus menyinkronkan data dan informasi sepanjang hari.

Pengguna yang telah melakukan rooting pada perangkatnya mungkin telah menemukan beberapa trik tentang cara mendapatkan daya tahan baterai yang maksimal. Beberapa orang mungkin telah mencoba menginstal ROM khusus yang dapat menangani konsumsi baterai dengan lebih baik daripada ROM biasa.

Begini cara mengalibrasi baterai ponsel Android setelah mem-flash ROM baru foto: freepik/lashkhidzetim

Namun kelemahan dari menginstal ROM kustom adalah mengalibrasi baterai. Karena pengguna selalu disarankan untuk menguras habis baterai mereka dalam keadaan mati dan mengisi daya hingga 100% penuh tanpa jeda atau berhenti.

Menginstal ROM kustom saat baterai ponsel memiliki daya 50% atau lebih rendah, akan sering menghasilkan manajemen baterai yang buruk. ROM baru akan menganggap pengisian daya 50% sebagai statistik baterai penuh, sehingga daya tahan baterai menjadi setengah dari yang disediakan produsen ponsel asli.

Dalam kasus tersebut, pengguna perlu melakukan kalibrasi baterai untuk mengoptimalkan beban baterai perangkat sepenuhnya. Pengguna yang mengalami kesulitan dalam mengalibrasi baterai ponsel mereka masih dapat memperbaiki masalah baterai mereka dengan menggunakan perangkat lunak intuitif yang sangat membantu konsumsi baterai.

Begini cara mengalibrasi baterai ponsel Android setelah mem-flash ROM baru foto: freepik/pe_jo

Lantas, bagaimana pengguna dapat mengalibrasi baterai ponsel mereka dengan menggunakan aplikasi seperti Battery Calibration? Aplikasi ini dapat dengan mudah mengalibrasi ulang perangkat kembali ke standar pabrikan.

Biasanya, mengalibrasi baterai dilakukan setiap kali pengguna mem-flash ROM baru, tetapi dengan aplikasi ini, mereka dapat mengalibrasi baterai ponsel kapan saja.

Aplikasi ini bekerja dengan sangat baik dan akan mengalibrasi baterai ponsel dengan menghapus file sistem batterystats.bin dan membuat file statistik baterai baru yang dimuat dengan informasi baru sehingga dapat menggantikan file lama dari firmware sebelumnya.

Begini cara mengalibrasi baterai ponsel Android setelah mem-flash ROM baru foto: play.google.com

Syaratnya, pengguna harus memiliki ponsel yang sudah di-root agar aplikasi ini dapat bekerja. Jadi, jika kamu dapat memiliki akses root pada perangkat, maka siap menggunakannya. Ada juga opsi untuk memainkan suara bip ketika ponsel telah mencapai tingkat baterai 100%.

Untuk mengalibrasi baterai ponsel menggunakan aplikasi ini, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan

Begini cara mengalibrasi baterai ponsel Android setelah mem-flash ROM baru foto: freepik/user3802032

1. Sambungkan ponsel ke pengisi daya.

2. Sambungkan pengisi daya ke stopkontak untuk mulai mengisi daya ponsel.

3. Tunggu hingga baterai ponsel terisi penuh hingga 100%.

4. Pilih opsi Kalibrasi Baterai di aplikasi untuk mulai mengkalibrasi perangkat kamu.

5. Cabut ponsel Anda dari pengisi daya.

6. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini untuk mengkalibrasi baterai, unduh aplikasi ini secara gratis dari Android Market.

(brl/red)