6 Cara hemat baterai smartphone biar daya tahannya lebih lama

6 Cara hemat baterai smartphone biar daya tahannya lebih lama

Cara hemat baterai

4. Nonaktifkan GPS dan lokasi

6 Cara hemat baterai smartphone biar daya tahannya lebih lama foto: unsplash/greg rosenke

Demikian pula, GPS adalah salah satu penguras baterai yang sangat besar. Penggunaan GPS terus-menerus akan sangat memengaruhi masa pakai baterai. Saat menggunakan baterai, sebaiknya hindari aplikasi yang membutuhkan banyak GPS.

Pada iPhone, jika sebuah aplikasi atau halaman web meminta lokasi, maka dengan memberikan izin secara permanen, aplikasi tersebut dapat menggunakan GPS. Jika kamu tidak pernah menggunakan aspek lokasi, maka menolak permintaan ini akan membatasi potensi penggunaan GPS, sehingga menghemat baterai.

5. Nonaktifkan jaringan 5G

6 Cara hemat baterai smartphone biar daya tahannya lebih lama foto: freepik

Saat ini semakin banyak smartphone yang mendukung layanan 5G. Sayangnya, belum semua wilayah di Indonesia mendapat layanan ini. Menonaktifkan 5G akan membantu menghemat baterai. Apalagi jaringan 5G membutuhkan daya yang cukup besar.

6. Kelola daya dan hindari aplikasi yang haus daya

6 Cara hemat baterai smartphone biar daya tahannya lebih lama foto: unsplash/thom bradley

Multitasking di Android dan iOS ditangani dengan cara yang sedikit berbeda. iOS membekukan aplikasi dalam kondisi saat ini, meskipun aplikasi seperti iTunes dan pemutar media akan terus mengunduh atau bermain di latar belakang.

Sementara Android beroperasi dengan cara yang sama, tetapi dengan cakupan yang lebih besar untuk multitasking yang sebenarnya dengan aplikasi yang dapat tetap aktif di latar belakang. Kondisi tersebut dapat menyedot daya baterai lebih banyak daripada yang terjadi pada iPhone.

Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Autorun Manager untuk menghentikan perangkat lunak yang tidak diinginkan saat kamu mem-boot ponsel dan JuiceDefender untuk mengelola daya perangkat Android dengan lebih baik. Untuk ponsel iOS dan Android, hindari aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya, seperti merekam video atau bermain game.

(brl/red)