Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya dan tidak mau hidup

Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya dan tidak mau hidup

Techno.id - Pernahkah mengalami iPhone kamu tiba-tiba mati dan saat diisi daya justru terjebak di layar pengisian daya? Biasanya kondisi ini terlihat dengan layar hitam, logo apel yang membeku, atau masalah dengan pengisi daya.

Ini adalah pengalaman yang kerap membuat frustrasi. Tetapi jangan khawatir, kamu dapat memperbaiki masalah tersebut sendiri dengan mengikuti beberapa langlah berikut ini.

1. Periksa pengisi daya dan kabel

Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya dan tidak mau hidup foto: freepik/rawpixel.com

Langkah pertama dan paling jelas dalam memperbaiki baterai iPhone mati yang macet di layar pengisian daya adalah memeriksa kabel pengisian daya. Seringkali, masalahnya bisa jadi sederhana seperti koneksi yang longgar atau kabel yang rusak.

Pastikan steker terpasang dengan benar ke dinding dan kabel terhubung ke iPhone. Pastikan kedua ujung kabel bebas dari kerusakan dan kabel tidak kusut.

Jika semuanya tampak baik-baik saja dengan kabel dan pengisi daya, coba gunakan kabel yang berbeda untuk mengetahui apakah itu dapat mengatasi masalah. Jika iPhone kamu mengisi daya dengan kabel dan pengisi daya yang berbeda, kemungkinan kabel aslinya rusak.

2. Coba mulai ulang secara paksa

Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya dan tidak mau hidup foto: freepik/rawpixel.com

Jika memeriksa pengisi daya dan kabel tidak menyelesaikan masalah, langkah selanjutnya adalah mencoba restart paksa pada iPhone kamu. Force restart adalah prosedur sederhana yang sering kali dapat memperbaiki gangguan perangkat lunak kecil dan menghidupkan kembali iPhone yang mati.

Berikut ini cara melakukan force restart pada model iPhone yang berbeda. Tekan dan lepaskan dengan cepat tombol Volume Naik, lalu tekan dan lepaskan dengan cepat tombol Volume Turun. Terakhir, tekan dan tahan tombol Samping sampai logo Apple muncul di layar. Cara ini akan memulai ulang perangkat dan membuatnya berfungsi kembali.

3. Masukkan iPhone ke mode pemulihan

Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya dan tidak mau hidup foto: freepik/grinvalds

Jika restart paksa tidak menyelesaikan masalah, coba isi daya iPhone kamu dalam mode standar. Cara ini melibatkan pengaturan iPhone tanpa menggunakan aksesori atau kabel pengisian daya pihak ketiga.

Untuk melakukan ini, sambungkan iPhone ke stopkontak menggunakan kabel USB Apple bawaan. Setelah itu, tunggu beberapa menit untuk melihat apakah iPhone kamu mulai mengisi daya. Jika mulai mengisi daya dalam mode standar, masalahnya mungkin ada pada aksesori atau kabel pengisian daya pihak ketiga yang kamu gunakan. Mulai sekarang, kamu harus mencoba untuk hanya menggunakan aksesori Apple.

4. Pulihkan iPhone

Cara memperbaiki iPhone yang macet di layar pengisian daya dan tidak mau hidup foto: freepik/wirestock

Memulihkan iPhone akan menghapus semua data di dalamnya dan menginstal firmware terbaru, tetapi sering kali dapat memperbaiki masalah perangkat lunak serius yang menyebabkan masalah.

1. Sambungkan iPhone ke PC atau Mac menggunakan kabel USB Apple bawaan dan buka iTunes di komputer.

2. Atur iPhone ke mode pemulihan dengan menekan dan menahan tombol Home dan tombol Samping (tombol daya) secara bersamaan hingga layar Sambungkan ke iTunes muncul di iPhone kamu.

3. iTunes akan mendeteksi iPhone kamu dalam mode pemulihan dan menampilkan pesan Ada masalah pada iPhone yang mengharuskannya diperbarui atau dipulihkan.

4. Klik tombol Pulihkan.

Setelah itu, iTunes akan mengunduh firmware terbaru untuk iPhone kamu dan memulihkannya. Tunggu hingga proses pemulihan selesai, yang dapat memakan waktu beberapa menit hingga satu jam, tergantung pada jumlah data di iPhone kamu. Setelah proses pemulihan selesai, iPhone akan berjalan dengan normal dan kamu dapat mulai menggunakannya kembali.

Namun yang perlu dicatat, pemulihan menggunakan iTunes akan menyebabkan hilangnya data di iPhone kamu, termasuk foto, video, musik, kontak, dan lainnya. Karena itu, penting untuk mencadangkan data sebelum memulihkan iPhone.

Jika kamu memiliki akun iCloud, kamu dapat menggunakan iCloud untuk mencadangkan data dan tidak kehilangan apa pun saat mengatur ulang ke pengaturan pabrik.

(brl/red)