5 Tips mengisi daya ponsel dengan cepat, selalu perhatikan suhu baterai

5 Tips mengisi daya ponsel dengan cepat, selalu perhatikan suhu baterai

Tips mengisi daya ponsel dengan cepat

3. Pantau suhu baterai

5 Tips mengisi daya ponsel dengan cepat, selalu perhatikan suhu baterai foto: freepik/schum45

Saat mengisi daya, pastikan kamu tidak menjalankan aplikasi berat yang akan memanaskan smartphone. Sebab, pengisian daya baterai dengan sendirinya mengeluarkan panas. Jika kamu menjalankan aplikasi yang cukup berat maka akan menambah peningkatan suhu sehingga baterai ponsel kamu tidak akan terisi daya secara optimal.

Paparan panas yang terlalu lama juga akan mengurangi masa pakai baterai. Sementara pengisian daya pada suhu yang sangat rendah akan memperpanjang waktu pengisian daya. Dalam kehidupan sehari-hari, suhu baterai jarang sekali mencapai di bawah 10 derajat Celcius. Tetapi panas yang perlu kamu khawatirkan. Kamu bisa mengunduh aplikasi pemantau baterai dan jaga agar suhunya di bawah 45 derajat Celcius.

4. Pemeliharaan baterai

5 Tips mengisi daya ponsel dengan cepat, selalu perhatikan suhu baterai foto: freepik/rawpixel

Baterai ponsel saat ini rata-rata berjenis lithium ion (Li-ion) sehingga perawatannya tidak terlalu rumit seperti baterai jenis Ni Cadmium yang digunakan pada ponsel terdahulu. Tetapi beberapa praktik sederhana dapat menjaga baterai tetap sehat untuk masa pakai yang lebih lama.

Tidak seperti baterai NiCad, baterai Li-ion tidak memiliki memori pengisian daya, sehingga siklus pengosongan tidak diperlukan. Kamu tidak perlu khawatir tentang berapa kali kamu menyolokkan pengisi daya.

Lebih baik menggunakan siklus pengosongan sebagian untuk baterai Li-ion, daripada pengosongan penuh. Dianjurkan untuk melakukan pengosongan penuh sebulan sekali, tetapi hindari pengosongan dari 100 persen ke nol secara teratur. Satu kali pengosongan penuh per bulan akan membantu menjaga keakuratan pengukur baterai.

5. Gunakan kabel dan adaptor ori

5 Tips mengisi daya ponsel dengan cepat, selalu perhatikan suhu baterai foto: freepik/ user20678629

Kabel USB dan adaptor yang kamu gunakan untuk mengisi daya juga merupakan parameter penting. Selalu gunakan kabel USB dan adaptor bawaan ponsel untuk membantu memperpanjng masa baterai. Selain itu panjang kabel juga akan sedikit memengaruhi aliran arus. Semakin panjang kabel maka akan semakin lambat pengisian.

(brl/red)