5 Kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering dilakukan banyak orang saat menggunakan gadget

5 Kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering dilakukan banyak orang saat menggunakan gadget

5 Kebiasaan buruk menggunakan gadget

3. Menggunakan perangkat lunak yang sudah usang

5 Kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering dilakukan banyak orang saat menggunakan gadget foto: freepik/rawpixel

Sebagian besar perangkat modern mendapatkan pembaruan perangkat lunak dengan jadwal yang konstan. Namun kebanyakan orang sering mengabaikannya dengan alasan pembaruan akan menghabiskan ruang penyimpanan perangkat. Karena biasanya pembaruan akan mengurangi kapasitas penyimpanan.

Namun, dengan tidak memperbarui aplikasi dan OS bisa menjadi bahaya yang tidak jarang hatrus dibayar mahal. Sebab, dengan tidak melakukan pembaruan, kamu bukan hanya kehilangan fitur-fitur baru yang keren yang dapat memaksimalkan kapasitas perangkat, tetapi juga mempertaruhkan keamanan semua data kamu.

Pembaruan perangkat lunak sebagian besar mencakup tambalan keamanan dan perbaikan bug untuk menutup celah yang dapat membahayakan kamu dari kejahatan siber. Perangkat lunak yang usang membuat kamu rentan terhadap serangan, terutama jika kamu menggunakan perangkat Android.

Padahal caranya cukup sederhana. Kamu bisa mengaktifkan pembaruan otomatis untuk semua aplikasi agar tidak perlu repot-repot melakukannya secara manual. Baik Play Store maupun App Store memiliki fitur ini di Pengaturan > Preferensi.

4. Jarang membuat cadangan data

5 Kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering dilakukan banyak orang saat menggunakan gadget foto: freepik/rawpixel

Kehilangan ponsel atau laptop adalah mimpi buruk, tetapi lebih buruk lagi jika kamu tidak pernah mencadangkan data di dalamnya. File-file berharga itu akan hilang selamanya.

Kamu bisa menyimpan pekerjaan dan kenangan penting dengan pencadangan cloud yang sebagian besar gratis. Pencadangan memungkinkan kamu menyimpan semua jenis data, termasuk foto, dokumen, musik, kata sandi, dan bahkan preferensi khusus seperti nada dering dan wallpaper.

Dengan pencadangan semacam ini, kamu bisa dengan mudah mengembalikan semua data ke perangkat baru jika terjadi sesuatu pada perangkat saat ini. Ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk mengosongkan ruang di iPhone atau ponsel Android.

Jika kamu tidak ingin menggunakan penyimpanan cloud atau ingin menggandakan data, kamu bisa gunakan hard drive eksternal. Namun, dengan metode ini, prosesnya manual, jadi kamu harus ingat untuk memperbarui cadangan secara teratur dan menyimpan drive di tempat yang aman.

5. Menggunakan kata sandi yang mudah ditebak

5 Kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering dilakukan banyak orang saat menggunakan gadget foto: freepik/rawpixel

Banyak orang memilih menggunakan ulang kata sandi yang sama untuk beberapa akun. Alasannya agar mudah diingat. Namun, opsi tersebut bisa membuat kamu menjadi mangsa empuk bagi penjahat siber.

Dengan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, maka kamu tidak aman secara online. Kamu perlu memilih kata sandi yang lebih kuat dan unik. Kata sandi yang dianggap kuat, menurut Google, adalah kata sandi yang panjangnya minimal 12 karakter, dengan campuran huruf besar dan kecil, serta angka dan simbol.

(brl/red)