5 Kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering dilakukan banyak orang saat menggunakan gadget

5 Kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering dilakukan banyak orang saat menggunakan gadget

Techno.id - Saat ini smartphone dan laptop menjadi dua perangkat teknologi yang sering digunakan untuk membantu aktivitas sehari-hari banyak orang. Berkat kemajuan teknologi modern saat ini. Hampir semua aktivitas dapat dilakukan dari genggaman.

Smartphone menjadi salah satu gadget revolusioner yang mengubah kebiasaan manusia. Di satu sisi, kemajuan teknologi sangat membantu. Tetapi di sisi lain juga dapat memberikan dampak buruk.

Tidak jarang, pengguna justru terjebak dalam siklus kebiasaan buruk yang menyebabkan teknologi yang digunakan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan. Berikut lima kebiasaan buruk saat menggunakan gadget yang tanpa disadari dilakukan setiap saat. Sebaiknya kamu hindari.

1. Terlalu lama di depan layar

5 Kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering dilakukan banyak orang saat menggunakan gadget foto: freepik

Berdasarkan sejumlah penelitian, rata-rata pengguna menghabiskan waktu sekitar tujuh jam untuk menatap layar setiap hari. Karena orang dewasa yang sehat tidur sekitar tujuh hingga delapan jam setiap hari, rata-rata pengguna internet saat ini menghabiskan hingga 50% dari waktu bangun mereka untuk online.

Sebagian besar waktu ini dihabiskan di media sosial dan platform streaming. Platform-platform ini sering membuat ketagihan. Dengan lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk online berarti lebih sedikit waktu untuk melakukan kebiasaan yang sehat seperti olahraga. Kondisi ini membuat banyak pengguna kurang tidur, obesitas hingga depresi.

Untuk mengatasinya kamu bisa membatasi aktivitas online, termasuk mengatur aplikasi yang sering kamu gunakan untuk memberikan notifikasi setelah digunakan beberapa saat.

Kamu juga bisa memanfaatkan sistem operasi seperti iOS yang memiliki pengelola waktu layar bawaan di Pengaturan > Waktu Layar > Batasi Penggunaan. Kamu bisa menggunakannya untuk mengatur jumlah waktu yang kamu habiskan di ponsel per hari atau pada aplikasi tertentu. Instagram, TikTok, dan YouTube juga memiliki fitur yang mengingatkan kamu untuk beristirahat setelah waktu menonton tertentu.

2. Postur tubuh yang buruk

5 Kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering dilakukan banyak orang saat menggunakan gadget foto: freepik/zinkevych

Efek lain dari menghabiskan begitu banyak waktu online mengakibatkan postur tubuh yang buruk. Penelitian terbaru menegaskan saat ini banyak orang terkena fenomena yang dijuluki leher teknologi (tech neck).

Fenomena ini mendefinisikan tulang belakang yang membungkuk semi-permanen akibat berjam-jam menatap layar ponsel setiap hari. Kamu juga juga dapat mengalami tech neck dan masalah postur tubuh lainnya jika duduk di meja yang tidak ergonomis atau dengan posisi yang tidak tepat untuk waktu yang lama. Kondisi yang sama juga berlaku jika kamu sering bekerja dengan komputer di pangkuan.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan meja yang ergonomis, dan ini sangat penting jika kamu bekerja dari rumah. Pertimbangkan untuk menggunakan kursi ergonomis yang kokoh, lalu sesuaikan ketinggiannya dengan meja sehingga lengan kamu tetap sejajar dengan meja saat mengetik. Selanjutnya, usahakan menjaga monitor sejajar dengan mata sehingga kamu tidak terlalu lama menunduk.

(brl/red)