5 Cara membuat video AI dalam hitungan menit menggunakan Synthesia

5 Cara membuat video AI dalam hitungan menit menggunakan Synthesia

Techno.id - Dalam benak banyak orang, untuk membuat video dibutuhkan peralatan yang mahal. Selain itu kamu juga harus mengetahui dan mempelajari seluk-beluk pengeditan video. Terkadang, ketika video yang dibuat sudah hampir jadi namun harus ada revisi, tidak jarang video tersebut tidak dapat diperbarui dan harus dibuat ulang dari awal.

Namun bagaimana jika kamu dapat membuat seluruh proses menjadi lebih hemat biaya, dapat diskalakan, dan tidak memakan banyak waktu, semuanya tanpa mengalihdayakan prosesnya? Ya, kedengarannya agak muluk-muluk dan tidak masuk akal. Tetapi itulah yang dilakukan oleh pembuat video AI. Platform ini memungkinkan pengguna membuat konten video, bahkan dalam skala besar dan tanpa peralatan yang menggunakan AI. Kini kamu bisa melakukannya dengan menggunakan pembuat video AI bernama Synthesia. Begini cara membuat video AI dalam hitungan menit.

1. Buat skrip video

Generator video AI beroperasi menggunakan fungsi teks-ke-video, yang memungkinkan kamu membuat video dengan mengetik teks. Sekarang, mengetik teks ke dalam pembuat video bertenaga AI cukup mudah, tetapi tidak disarankan menyalin dan menempelkan dokumen PDF panjang atau posting blog ke dalam alat dan menghentikannya.

Luangkan waktu untuk meninjau teks kamu dan mengubahnya menjadi skrip video. Ini tidak sesulit kelihatannya, tetapi akan membuat perbedaan besar dalam proses pembuatan video.

2. Pilih avatar AI

5 Cara membuat video AI dalam hitungan menit menggunakan Synthesia foto: synthesia

Di sinilah AI masuk untuk melakukan sihirnya. Pada langkah ini, kamu dapat memilih avatar AI yang bertindak sebagai narator atau presenter dalam video kamu.

Di dalam Synthesia ada lebih dari160 + avatar AI yang beragam untuk dipilih, dan kamu dapat memilih di mana avatar tersebut ingin ditampilkan, seberapa besar atau kecilnya, atau menyembunyikannya sama sekali. Untuk menambahkan avatar AI di Synthesia, klik Avatar di panel di atas kanvas video.

Pilih avatar yang ingin kamu gunakan dan pembingkaiannya (seluruh tubuh, lingkaran, hanya Suara). Sesuaikan posisi dan ukuran avatar pada slide video dengan mengklik kiri dengan mouse kamu.

3. Tempel teks dan pilih suara

Langkah menarik lainnya yang melibatkan AI, kali ini menggunakan fitur text-to-speech. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menyalin skrip video dan menempelkannya ke dalam kotak skrip slide demi slide. Dalam hitungan detik, skrip kamu akan diubah menjadi sulih suara AI.

Bahasa akan dipilih secara otomatis berdasarkan teks, tetapi kamu selalu dapat mengubahnya dan memilih aksen, dialek, lokal, dan gaya suara yang sempurna.

Fitur text-to-speech yang digunakan Synthesia cukup mumpuni. Jika salah mengucapkan kata-kata, kamu selalu dapat menyesuaikan pengucapannya dan menambahkan jeda dan penekanan untuk meningkatkan narasinya.

(brl/red)