Cara membuat lagu menggunakan Udio, platform pembuat musik berbasis AI

Cara membuat lagu menggunakan Udio, platform pembuat musik berbasis AI

Techno.id - Teknologi Artificial Intelligence (AI) semakin berkembang pesat. Tidak hanya mampu membuat gambar, kini bidang lain seperti musik juga kebagian kemajuan teknologi AI. Bahkan lansekap pembuatan musik AI berkembang pesat, dengan munculnya alat dan teknik baru yang memungkinkan pengguna membuat musik dengan sedikit atau tanpa pengetahuan musik.

Di antara pendatang baru yang terkenal adalah Udio, yang telah menarik perhatian karena kemampuan menghasilkan suaranya yang mengesankan, yang sering dianggap lebih unggul dari pesaingnya Sunno. Namun, Udio memiliki batasan, seperti awalnya hanya memproduksi trek berdurasi 30 detik, meskipun dapat diperpanjang hingga empat menit.

Musik yang dihasilkan AI bukan lagi sekadar keingintahuan atau iseng-iseng. Tetapi telah menjadi bidang yang berkembang pesat yang membentuk kembali lansekap produksi musik. Saat kamu menelusuri umpan media sosial, kamu mungkin menemukan melodi menawan yang membuat kamu bertanya-tanya apakah itu dibuat oleh manusia atau mesin.

Kecanggihan komposer AI yang semakin meningkat telah memungkinkan mereka menciptakan musik yang beresonansi dengan penonton, sehingga semakin sulit untuk membedakannya dari komposisi buatan manusia.

Cara menggunakan pembuat musik Udio AI

Cara membuat lagu menggunakan Udio, platform pembuat musik berbasis AI foto: udio

Udio adalah alat pembuat musik bertenaga AI yang dirancang untuk menyederhanakan proses pembuatan musik. Ini memungkinkan pengguna memasukkan satu perintah, kemudian Udio dapat menghasilkan lirik, membuat musik, dan bahkan mensimulasikan bernyanyi dengan banyak suara.

Alat ini mewakili kemajuan signifikan dalam musik yang dihasilkan AI, yang membedakan dirinya dengan kemampuannya menangani kolaborasi musik yang kompleks secara otomatis.

Untuk mengakses Udio, kamu bisa mengunjungi situs web Udio untuk memulai. Karena alat ini dalam versi beta, saat ini alat ini gratis, meskipun ini dapat berubah di masa mendatang.

Cara membuat lagu

Cara membuat lagu menggunakan Udio, platform pembuat musik berbasis AI foto: udio

1. Masukan cepat

Klik pada bilah masukan cepat di bagian atas. Di sini kamu dapat memasukkan prompt musik. Udio akan mencoba menyempurnakan permintaan ini untuk mengoptimalkan pembuatan musik.

Techno.id pun mencoba membuat musik dengan memilih genre rock dengan prompt rock, buat lagu balada dengan nada sedikit ngebit. Udio pun menampilkan dua hasil dengan lagu berjudul, Echoes of Stillnessdan Signal Flaremasing-masing berdurasi 33 detik. Cocok dijadikan backsound di media sosial.

2. Fitur roll dadu

Bagi mereka yang tidak yakin harus membuat apa, fitur roll dadu menghasilkan prompt acak, memberikan titik awal untuk eksplorasi musik kamu.

3. Mode manual

Jika kamu lebih suka menggunakan prompt persis seperti yang ditulis tanpa modifikasi Udio, kamu dapat mengaktifkan mode manual dengan mengarahkan kursor ke opsi dan memilihnya.

(brl/red)