11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai

Techno.id - Android adalah sistem operasi yang penuh fitur, tetapi system operasi ini melewatkan beberapa fungsi yang menjadi bagian integral dari iOS selama bertahun-tahun. Jadi, jika kamu berencana beralih dari iPhone ke perangkat Android dalam waktu dekat, itu artinya kamu akan melewatkan beberapa fitur berikut yang tidak terdapat di Android.

1. AirPlay

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai foto: apple

AirPlay adalah salah satu fitur terbesar yang masih belum dimiliki perangkat Android. Karena AirPlay adalah protokol kepatutan yang dikembangkan Apple. Meskipun beberapa aplikasi pihak ketiga di Google Play Store memungkinkan pengguna mengalirkan konten audio dan video secara nirkabel dari ponsel cerdas, tetapi tidak ada yang mendekati solusi bawaan Apple ini.

Pada tahun 2020, Google berhasil menghadirkan fungsionalitas seperti AirDrop yang disebut Nearby Share ke perangkat Android 11. Ini adalah cara yang dilakukan Google untuk menghadirkan fitur yang mirip dengan AirPlay di platform Android.

2. FaceTime

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai foto: apple

FaceTime adalah layanan panggilan video Apple yang disertakan dalam perangkat iOS, iPadOS, dan macOS. Berkat kesederhanaan dan fungsinya yang mulus, FaceTime sangat popular di kalangan pengguna Apple.

Sisi baiknya, pengguna Android masih dapat bergabung dengan panggilan FaceTime dari perangkat mereka berkat fungsionalitas FaceTime on the web Apple. Namun, pengguna masih memerlukan teman dengan perangkat Apple untuk benar-benar memulai panggilan dan membagikan tautannya dengan kamu.

Perangkat Android memiliki akses ke fitur panggilan video bawaan serupa dalam bentuk Google Duo, tetapi fitur ini tidak sepopular FaceTime, karena sebagian besar pengguna mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk panggilan video.

3. iMessage

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai foto: freepik/rawpixel.com

Layanan iMessage Apple adalah salah satu alasan terbesar sebagian besar pengguna iPhone ragu untuk beralih ke perangkat Android. Jika lingkaran pertemanan kamu sebagian besar adalah pengguna Apple, beralih ke ponsel Android berarti merasa tersisih dari grup iMessage.

Pengguna Android mungkin telah merasakan FaceTime melalui fungsionalitas webnya, tetapi tidak seperti layanan panggilan videonya, iMessage mungkin tidak akan pernah terlihat di perangkat Android. Apple juga memblokir aplikasi pihak ketiga seperti Beeper Mini agar tidak mengakses server iMessage-nya.

4. Teks langsung (Live Text) dalam video

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai foto: apple

Ketika Apple pertama kali memperkenalkan teks langsung bersama iOS 15, pengguna Android dengan cepat menunjukkan bahwa Google Lens memiliki fungsi tersebut untuk waktu yang cukup lama. Apple dianggap terlambat memperkenalkan fitu tersebut.

Namun tak lama kemudian, Apple membawa teks langsung ke level berikutnya dengan menghadirkan fungsionalitas deteksi teks yang sama ke video. Dengan fitur ini, pengguna dapat menjeda video apa pun di Safari atau app Foto untuk menyalin konten teks dengan cepat ke papan klip iOS.

Fitur teks langsung dalam video dapat berguna saat pengguna ingin menyalin catatan dari kuliah online, tutorial, dan yang lainnya. Meskipun demikian, pengguna memerlukan iPhone XS, iPhone XR, atau versi lebih baru untuk memanfaatkan fitur ini.

5. Visual Lookup

11 Fitur iOS yang masih belum dimiliki Android, ada untuk pemeriksaan kesehatan baterai foto: apple

Pencarian Visual (Visual Lookup) adalah fitur lain yang berfungsi serupa dengan Google Lens. Dengan fitur ini kamu dapat menggunakannya untuk mengidentifikasi objek seperti landmark, tumbuhan, hewan, dan lain sebagainya serta mendapatkan lebih banyak informasi tentangnya. Namun, dengan pembaruan iOS 16, Apple mengintegrasikan fitur pembelajaran mesin ke dalam Visual Lookup yang memungkinkan kamu mengangkat subjek dari latar belakang dan menempelkannya ke aplikasi lain.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menekan lama pada objek yang dapat diidentifikasi, dan Visual Lookup akan mengangkatnya. Kamu dapat benar-benar berkreasi dengan fitur ini dan menggunakannya untuk membuat stiker dan emote yang menyenangkan atau menghapus latar belakang dari gambar apa pun di iPhone kamu.

Google Lens tidak menawarkan fitur serupa, dan fitur yang nyaris mirip di perangkat Android adalah alat Magic Eraser yang diperkenalkan Google dengan jajaran Pixel 6. Sayangnya, alat ini melakukan hal yang sebaliknya-menghilangkan objek yang tidak diinginkan dari latar belakang.

(brl/red)