4 Tips merawat usia baterai ponsel, selalu gunakan pengisi daya dan kabel ori

4 Tips merawat usia baterai ponsel, selalu gunakan pengisi daya dan kabel ori

Techno.id - Banyak orang beranggapan semua pengisi daya (adaptor) sama. Padahal tidak demikian. Tidak semua pengisi daya dibuat sama. Beberapa membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi baterai. Yang lain malah lebih buruk dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat. Bahkan pengisi daya palsu sangat mungkin bisa merusak baterai ponsel.

Pengisi daya ponsel berfungsi untuk memasok daya listrik ke perangkat. Sistem dan rangkaian yang ada di dalamnya akan mengaktifkan sirkuit pengisian daya untuk mengisi daya baterai ponsel yang sudah habis. Sangat penting untuk memerhatikan pengisi daya yang cocok untuk ponsel kamu.

Sebab, pengisi daya murah atau palsu biasanya tidak memenuhi standar peraturan tertentu. Pengisi daya tersebut umumnya bakal merusak baterai ponsel. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat baterai ponsel dengan menggunakan pengisi daya orisinil. Jangan tergiur tawaran harga murah tapi mengorbankan kualitas.

1. Selalu membawa pengisi daya resmi

4 Tips merawat usia baterai ponsel, selalu gunakan pengisi daya dan kabel ori foto:pexels/ron lach

Sangat disarankan untuk selalu menggunakan pengisi daya yang disertakan dengan ponsel kamu. Bawalah selalu di dalam tas sehingga kamu bisa menggunakan adaptor daya yang sama saat jauh dari rumah. Ini adalah hal termudah yang dapat kamu lakukan tanpa harus mempelajari apa pun tentang cara kerja pengisi daya, selama Anda menjaga kabelnya dalam kondisi baik.

2. Selalu periksa input dan output daya

4 Tips merawat usia baterai ponsel, selalu gunakan pengisi daya dan kabel ori foto: unsplash/andreas haslinger

Adaptor daya yang disertakan dengan ponsel memasok daya yang ideal untuk ponsel. Jika kamu terpaksa harus mencari pengisi daya kedua, pertama-tama pastikan bahwa level input dan output sesuai dengan yang disertakan dengan perangkat kamu.

Lihatlah adaptor kamu. Tingkat input 100240 V menunjukkan jumlah tegangan yang dapat diterima. Menyambungkannya ke stopkontak atau sumber di atas kisaran ini dapat merusak pengisi daya.

Kemudian lihatlah level output. Jika baterai kamu membutuhkan 4,2 Volt untuk terisi penuh, maka kamu memerlukan adaptor daya yang dapat mencapai level tersebut. Adaptor yang menghasilkan output sekitar 3 V tidak akan dapat mengisi baterai 4,2 Volt.

Selanjutnya, periksa arus listrik. Banyak pengisi daya yang memberikan output 1 A. Jika adaptor palsu hanya menggunakan adaptor 500 mA, maka akan lebih lambat mengisi daya ponsel. Bahkan saat ini banyak tablet atau ponsel yang dilengkapi dengan adaptor daya 2 A.

(brl/red)