Selain kapasitas, ini 4 alasan mengapa ukuran baterai laptop sangat penting

Selain kapasitas, ini 4 alasan mengapa ukuran baterai laptop sangat penting

Techno.id - Bukan rahasia lagi jika produsen laptop selama ini cenderung mengiklankan daya tahan baterai, selain performa. Padahal, ukuran baterai juga sangat penting lho.

Sebab, daya tahan baterai adalah sebuah perkiraan. Sementara ukuran baterai merupakan pengukuran yang lebih tepat yang dapat membantu pengguna menentukan lebih banyak performa pada laptop. Berikut4 alasan mengapa ukuran baterai laptop sangat penting pada sebuah perangkat.

1. Membantu menentukan efisiensi energi

Selain kapasitas, ini 4 alasan mengapa ukuran baterai laptop sangat penting foto: unsplash/panos sakalakis

Ada lebih dari satu cara untuk membuat laptop dapat bertahan lebih dari 10 jam. Salah satu pendekatannya adalah menjejalkan modul baterai sebanyak mungkin ke dalam sasis laptop yang mungkin dapat ditampungnya. Cara lain adalah dengan melihat berapa lama pengguna bisa mendapatkan baterai yang lebih kecil untuk bertahan.

Perhitungannya begini. Laptop dengan baterai 40W menggunakan kurang dari 4W per jam untuk bertahan lebih dari 10 jam. Di sisi lain, laptop dengan baterai 80W dapat bertahan lebih dari 10 jam, meskipun hanya menggunakan daya 7W.

Laptop yang dapat bertahan lebih dari 10 jam tidak memberi tahu pengguna berapa banyak energi yang digunakan. Namun jika kamu mengetahui ukuran baterai laptop, maka bisa menghitung dan mengetahui efisiensinya.

2. Berdampak pada penggunaan listrik

Selain kapasitas, ini 4 alasan mengapa ukuran baterai laptop sangat penting foto: freepik/splitov27

Memiliki baterai yang lebih kecil berarti kamu menggunakan lebih sedikit listrik setiap kali mengisi daya. Ini adalah matematika yang cukup mudah. Jika laptop memiliki baterai 30W, itu adalah jumlah energi yang digunakan setiap kali mengisi daya dari kosong hingga penuh.

Laptop dengan baterai yang lebih kecil mungkin memiliki CPU yang tidak terlalu boros daya. Ini berarti laptop tersebut tidak hanya menggunakan lebih sedikit listrik untuk mengisi daya, tetapi juga menggunakan lebih sedikit listrik untuk berfungsi.

(brl/red)