7 Kebisaan buruk yang dapat merusak ponsel, hindari memakai WiFi publik gratis

7 Kebisaan buruk yang dapat merusak ponsel, hindari memakai WiFi publik gratis

Techno.id - Selama ini mungkin banyak orang yang hanya sekadar menggunakan ponsel tanpa tahu bagaimana merawatnya dengan benar. Perilaku seperti itu akan mempercepat usia pakai ponsel.

Sebagus dan secanggih apapun ponsel yang kamu gunakan, jika tidak dirawat dengan baika maka akan memperpendek masa pakainya. Seringkali juga pengguna melakukan kesalahan-kesalahan sederhana yang rutin dilakukan. Berikut beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang sering dilakukan pengguna yang berdampak pada masa pakai ponsel.

1. Membiarkan terpapar suhu ekstrem dalam waktu lama

7 Kebisaan buruk yang dapat merusak ponsel, hindari memakai WiFi publik gratis foto: freepik/lookstudio

Seringkali pengguna meninggalkan ponsel di dalam mobil pada hari yang cerah dan panas. Kebiasaan ini bisa berakibat fatal. Selain dapat merusak berbagai komponen ponsel, tidak menutup kemungkinan ponsel yang ditinggalkan di dalam mobil di siang hari yang panas bisa menyebabkan ledakan. Kondisi tersebut dikarenakan smartphone modern menggunakan baterai lithium-ion yang tidak bekerja dengan baik saat terpapar suhu ekstrem.

Selain itu tidak jarang pengguna mengisi daya di bawah bantal atau menggunakan aplikasi yang boros energi di bawah sinar matahari langsung. Selain menguras baterai lebih cepat, paparan yang terlalu lama terhadap panas yang ekstrem dapat mempercepat proses penuaan atau menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat.

Karena itu, sebaiknya hindari menggunakan perangkat di bawah sinar matahari langsung atau lingkungan yang memiliki suhu sangat tinggi.

2. Menggunakan pengisi daya yang salah

7 Kebisaan buruk yang dapat merusak ponsel, hindari memakai WiFi publik gratis foto: freepik/ aghavni001

Kamu mungkin berpikir bahwa semua pengisi daya dibuat sama dan selama konektor kabel cocok dengan ponsel kamu, maka alat tersebut akan berfungsi dengan baik. Pengisi daya tersebut memang akan mengisi daya ponsel, tetapi tidak seefisien pengisi daya yang disertakan dengan perangkat kamu.

Selain itu, pengisi daya yang tidak kompatibel dapat mengurangi masa pakai baterai atau bahkan merusak port pengisian daya ponsel. Sebab, tidak semua pengisi daya memberikan jumlah daya yang sama. Pastikan pengisi daya yang kamu gunakan disertifikasi oleh produsen dan memiliki output yang benar untuk perangkat kamu.

3. Mengunduh aplikasi berbahaya

7 Kebisaan buruk yang dapat merusak ponsel, hindari memakai WiFi publik gratis foto: freepik/toon35

Anda mungkin tergoda untuk menjelajahi sumber-sumber lain ketika tidak dapat menemukan aplikasi di Play Store atau App Store. Namun, mengunduh aplikasi dari sumber tidak resmi atau toko aplikasi pihak ketiga dapat berisiko terkena malware.

Aplikasi berbahaya dapat menginfeksi perangkat dengan virus dan spyware yang dapat mencuri informasi pribadi, kata sandi, dan bahkan detail perbankan. Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut dapat memberikan akses ke kamera dan mikrofon perangkat kepada penjahat siber.

(brl/red)