6 Penyebab ponsel lemot saat mengisi daya, gunakan aksesori yang ori

6 Penyebab ponsel lemot saat mengisi daya, gunakan aksesori yang ori

Techno.id - Apakah kamu pernah mengalami bagaimana ponsel kamu sangat lambat saat mengisi daya baterai? Seiring bertambahnya usia ponsel, sangat wajar jika baterai akan lambat menerima arus listrik saat diisi daya. Baterai telah kehilangan kinerja optimalnya seiring masa penggunaan.

Namun jika kamu merasa ponsel sangat lambat saat mengisi daya maka perlu untuk ditelisik penyebabnya. Banyak faktor yang menyebabkan baterai ponsel kamu lambat terisi daya listrik meski kamu sudah menggunakan adaptor fast charging. Berikut 5 penyebab baterai ponsel kamu lambat mengisi daya yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. Aksesori yang buruk

6 Penyebab ponsel lemot saat mengisi daya, gunakan aksesori yang ori foto: unsplash/steve johnson

Penyebab paling umum mengapa ponsel kamu lambat mengisi daya dibanding sebelumnya, mungkin bukan karena ponselnya. Kamu mungkin menggunakan kabel atau adaptor yang buruk.

Kabel USB sering kali mengalami masalah, terutama di rumah dengan banyak pengguna dan perangkat. Kabel ini sering terjatuh, tertekuk, disimpan di lokasi yang suhunya bisa sangat bervariasi, dan bahkan terinjak. Coba ganti kabelnya dan lihat apakah cara itu bisa mengatasi masalah.

Kamu juga harus mengganti adaptor dan melihat apakah itu membuat perbedaan. Idealnya, gunakan pengisi daya yang ori sesuai ponsel yang kamu miliki. Jangan gunakan aksesori pihak ketiga yang kurang berkualitas karena akan menyebabkan tidak dapat mengisi daya secepat perangkat ori.

2. Sumber daya yang lemah

6 Penyebab ponsel lemot saat mengisi daya, gunakan aksesori yang ori foto: freepik/pvproductions

Banyak orang suka mengisi daya perangkat selular mereka menggunakan port di computer atau laptop. Ini bukan cara yang ideal. Apalagi jika pada saat yang sama laptop sedang kamu gunakan. Maka daya baterai laptop tersebut akan terkuras lebih cepat. Selain itu arus listrik dari laptop yang sedang digunakan juga lemah. Karena itu selalu gunakan sumber listrik langsung untuk mengisi daya ponsel. Pastikan kamu menggunakan pengisi daya yang aman.

3. Masalah port

6 Penyebab ponsel lemot saat mengisi daya, gunakan aksesori yang ori foto: freepik/pvproductions

Kabel bukan satu-satunya elemen yang dapat mengalami masalah akibat pengisian daya setiap hari. Port pengisian daya ponsel juga bisa rusak. Periksa port pada ponsel apakah ada korosi atau kotoran.

Gunakan senter dan kaca pembesar jika ada untuk melihat bagian dalam port pada ponsel. Cobalah untuk membersihkan benda apa pun yang ada di dalamnya seperti serat, debu, dan lainnya. Berhati-hatilah saat membersihkan agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen port. Kamu dapat menggunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan kotoran dan sikat gigi bayi yang lembut.

(brl/red)