4 Cara mendinginkan laptop yang terlalu panas, bersihkan ventilasi udara secara berkala

4 Cara mendinginkan laptop yang terlalu panas, bersihkan ventilasi udara secara berkala

Techno.id - Laptop sering kali menjadi panas karena penggunaan yang berlebihan. Apalagi saat ini banyak laptop yang dimensinya kecil sehingga ruang di dalamnya semakin sempit.

Komponen internal laptop, seperti motherboard, hard drive, dan mikroprosesor, ditempatkan lebih dekat satu sama lain. Karena itu saat kamu menggunakan laptop, akan cepat menjadi hangat.

Namun, laptop yang terlalu panas dapat merusak perangkat dan data yang disimpan di dalamnya meski laptop memiliki ventilasi aliran udara untuk menstabilkan suhu. Dengan ruang yang sempit dapat membatasi aliran udara. Hal inilah yang menyebabkan suhu tinggi.

4 Cara mendinginkan laptop yang terlalu panas, bersihkan ventilasi udara secara berkala foto: unsplash/windows

Sebagai perangkat listrik, sebenarnya wajar jika laptop akan menjadi hangat saat digunakan. Namun jika panasnya berlebih hal ini akan membahayakan perangkat. Ada beberapa aktivitas yang membuat laptop menjadi lebih hangat di antaranya saat mengisi daya, menggunakan aplikasi intensif grafis dan game augmented reality secara intensif, serta melakukan streaming video berkualitas tinggi terlalu lama.

Sebenarnya hal tersebut merupakan kondisi normal dan kamu tidak perlu khawatir selama laptop tidak menunjukkan peringatan suhu. Saat kamu menghentikan aktivitas tersebut, suhu laptop akan kembali normal.

Artinya laptop yang terlalu panas adalah fenomena yang umum terjadi. Kamu tidak perlu khawatir. Kamu hanya perlu mengambil beberapa langkah untuk melindungi laptop. Jaga kebersihan ventilasi udara, matikan saat malam hari, dan atur dalam mode siaga. Berikut beberapa langkah untuk menghindari laptop terlalu panas.

(brl/red)