4 Cara membersihkan speaker smartphone, bisa pakai blower hingga tusuk gigi

4 Cara membersihkan speaker smartphone, bisa pakai blower hingga tusuk gigi

Cara membersihkan speaker smartphone

3. Gunakan selotip pelukis

4 Cara membersihkan speaker smartphone, bisa pakai blower hingga tusuk gigi foto: angelusdirect.com

Jangan mencoba membersihkan barang elektronik yang sensitif seperti smartphone dengan selotip biasa. Sebab banyak selotip yang justru dapat meninggalkan residu yang akan menambah lebih banyak kotoran pada speaker serta berpotensi mengumpulkan lebih banyak kotoran karena lengket.

Sebaiknya gunakan selotip khusus pelukis, karena dirancang untuk mengelupas permukaan tanpa meninggalkan apa pun. Pelintir ujung selotip agar berbentukruncing.

Tempelkan ujung selotip ke dalam lubang speaker dan putar perlahan. Pastikan untuk menggunakan selotip yang baru ketika selotip yang kamu gunakan mulai tertutupi kotoran.

4. Gunakan tusuk gigi

4 Cara membersihkan speaker smartphone, bisa pakai blower hingga tusuk gigi foto: xiaomiui.net

Menggunakan metode ini sebenarnya tidak disarankan karena pada dasarnya, tusuk gigi adalah kayu kecil yang keras. Jika kamu ingin menggunakan cara ini pastikan dilakukan dengan sangat hati-hati.

Masukkan ujung tusuk gigi yang runcing ke dalam lubang speaker dengan sangat hati-hati, pastikan untuk berhenti mendorong setelah kamu merasakannya menyentuh permukaan speaker.

Arahkan tusuk gigi secara perlahan dan tarik keluar dari lubang agar kotoran keluar dari lubang speaker. Gunakan serbet atau tisu untuk menyeka kotoran yang menempel di ujung tusuk gigi sebelum mengulangi proses tersebut.

(brl/red)