4 Cara membersihkan speaker smartphone, bisa pakai blower hingga tusuk gigi

4 Cara membersihkan speaker smartphone, bisa pakai blower hingga tusuk gigi

Techno.id - Smartphone merupakan gadget yang digunakan sehari-hari. Biasanya pengguna cenderung membawa smartphone di dalam saku, tas, atau ransel. Nah kebiasaan tersebut dapat menyebabkan speaker mudah kotor.

Lubang-lubang kecil yang ada di bezel smartphone bukan untuk pajangan ya. Biasanya itu adalah komponen speaker dan mikrofon. Nah pada lubang-lubang tersebut dapat menumpuk segala macam kotoran. Bisa berupa serat, bulu halus, kotoran, residu berminyak, partikel kulit, rambut, kotoran telinga, dan sebagainya.

Penumpukan seperti itu tidak hanya menjijikkan, tetapi juga dapat memengaruhi kualitas suara yang keluar dari smartphone. Hal ini juga berpotensi memengaruhi kualitas suara kamu saat menelepon ketika mikrofon terhalang kotoran.

Itulah sebabnya mengapa kamu harus secara berkala membersihkan smartphone, khususnya di area speaker. Seperti halnya barang elektronik lain, saat membersihkannya harus berhati-hati. Jangan gunakan cairan, termasuk menghindari terlalu banyak tekanan pada permukaan speaker, dan jangan gunakan alat logam yang tajam kecuali jika secara eksplisit direkomendasikan. Berikut cara-cara membersihkan speaker smartphone.

1. Gunakan blower pembersih lensa

4 Cara membersihkan speaker smartphone, bisa pakai blower hingga tusuk gigi foto: aliexpress

Jika speaker kamu tersumbat, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan blower pembersih lensa. Hindari meniup ponsel dengan mulut karena kelembapan air liur bisa menjadi masalah baru.

Tempatkan ujung blower kespeaker, lalu tekan dua atau tiga kali agar udara terhembus ke speaker. Periksa speaker ponsel kamu untuk melihat apakah serpihankotoran sudah keluar.Jika belum, gunakan blower lagi seperlunya. Jika partikel tidak mau keluar, coba lagi sambil memegang blower sedikit lebih dekat ke lubang speaker.

2. Gunakan kuas

4 Cara membersihkan speaker smartphone, bisa pakai blower hingga tusuk gigi foto: phonesoap

Disarankan menggunakan kuas dengan bulu yang lembut. Kuas bisa berupa sikat pembersih berbulu lembut, sikat gigi berbulu lembut, atau bahkan kuas cat atau kuas rias kecil.

Pastikan sikatnya bersih dan kering. Berhati-hatilah saat menyikat agar tidak mendorong partikel kecil ke dalam speaker. Gunakan sikat secara perlahan pada speaker untuk menghilangkan partikel yang mungkin tersangkut, lalu sikat kembali. Ulangi seperlunya. Masukkan bulu sikat secara perlahan ke dalam lubang kecil dan putar ke kiri dan ke kanan secara perlahan.

(brl/red)