Apple dikabarkan sedang mengerjakan iPhone dan iPad yang dapat dilipat

Apple dikabarkan sedang mengerjakan iPhone dan iPad yang dapat dilipat

Techno.id - Belakanmgan ini ramai dibicaraklan mengenai rencana Apple yang saat ini sedang mengembangkan prototipe untuk iPhone dan iPad yang dapat dilipat.

Meskipun rencana ini belum dikonfirmasi secara resmi, sumber yang dekat dengan raksasa teknologi tersebut telah mengungkapkan bahwa Apple sedang menjajaki kemungkinan untuk membuat ponsel dan tablet yang dapat dilipat.

Sebenarnya, gagasan tentang iPhone yang dapat dilipat bukanlah hal baru. Desas-desus mengenai perangkat ini sudah terdengar beberapa tahun lalu. Namun, tampaknya Apple sekarang membuat kemajuan signifikan ke arah ini. Seperti dilaporkan The Information, Apple menguji beberapa prototipe perangkat bergaya clamshell.

Menurut publikasi tersebut, iPhoneflip akan memiliki layar OLED fleksibel yang memungkinkan perangkat untuk dibawa dan disimpan dengan mudah, seperti Samsung Galaxy Z Filp 5.

Ukurannya diharapkan hampir sama dengan model iPhone saat ini, dengan manfaat tambahan karena dapat membuka layar yang lebih besar untuk melihat video dan menggunakan aplikasi lain.

Jika Apple akhirnya meluncurkan model iPhone gaya lipat, itu akan menjadi salah satu perubahan desain perangkat keras terbesar dalam sejarah produk. Namun, Apple tidak mungkin menempatkan produk tersebut dalam rencana produksi massal perusahaan hingga tahun 2025 karena perangkat tersebut masih dalam tahap pengembangan awal.

Selain iPhone flip, Apple juga dikatakan sedang mengerjakan iPad yang juga dapat dilipat. Desain dan fungsinya akan serupa dengan iPhone. Pengembangan iPad yang dapat dilipat dengan layar 8 inci dilaporkan sedang berlangsung, di mana teknisi Apple saat ini sedang menguji cara baru untuk mengurangi lipatan pada layar. Mirip dengan iPhone yang dapat dilipat, iPad lipat diperkirakan tidak akan masuk ke pasar hingga tahun depan.

Namun kedua perangkat tersebut diharapkan akan dirilis di tahun-tahun mendatang. Meskipun Apple belum merilis pernyataan resmi apa pun tentang produk ini, laporan tersebut menunjukkan bahwa Apple berkomitmen mendorong batasan teknologi dan inovasi. Dengan reputasi mereka dalam memproduksi produk-produk mutakhir dan berkualitas tinggi, akan menarik untuk melihat apa yang disediakan raksasa teknologi itu untuk penggemar Apple di masa depan.

(brl/red)