Cara menemukan iPhone, AirPods, atau Apple Watch yang hilang dengan aplikasi Lacak 

Cara menemukan iPhone, AirPods, atau Apple Watch yang hilang dengan aplikasi Lacak 

Techno.id - Aplikasi Lacak (Find My) Apple memudahkan kamu menemukan perangkat, mulai dari iPhone, Apple Watch, iPad, hingga AirPods saat kamu kehilangan atau meninggalkannya di suatu tempat. Aplikasi ini bukan hanya membunyikan ping dari ponsel, tetapi juga memberi tahu saat kamu lupa.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengunci perangkat yang hilang, dan membantu mengawasi barang-barang non-elektronik melalui AirTag. Pada 2019, Apple merampingkan layanan lokasinya dengan menggabungkan fitur Find My Friends dan Find My iPhone ke dalam aplikasi Lacak terpadu.

Fitur ini untuk melacak tidak hanya perangkat Apple, baik sedang online atau offline, tetapi juga teman kamu dan perangkat pihak ketiga. Berikut penjelasan aplikasi dan jaringan Lacak, cara kerjanya, dan cara menggunakannya untuk menemukan apa pun mulai dari iPhone, Apple Watch, AirPods, iPad, Mac, atau perangkat pihak ketiga yang hilang.

Apa itu aplikasi Lacak?

Cara menemukan iPhone, AirPods, atau Apple Watch yang hilang dengan aplikasi Lacak foto: freepik/rawpixel.com

Aplikasi Lacak sudah diinstal sebelumnya di iPhone, iPod Touch, iPad, Apple Watches, dan Mac. Fitur ini menyederhanakan untuk menemukan perangkat Apple apa pun yang ditautkan ke ID Apple kamu. Fitur ini juga mencakup teman dan keluarga yang berbagi lokasi dengan kamu.

Sejak 2021, fitur ini juga meluas ke perangkat pihak ketiga yang kompatibel. Kamu dapat menggunakan aplikasi Lacak untuk melihat perangkat Apple, item yang dilampirkan ke AirTag, atau perangkat pihak ketiga yang kompatibel di peta, memutar suara untuk membantu menemukannya, atau memasukkannya ke Mode Hilang untuk mengunci dan menampilkan nomor kontak di atasnya. Kamu juga dapat menghapus perangkat yang hilang dari jarak jauh, jika perlu.

Cara kerja aplikasi Lacak

Cara menemukan iPhone, AirPods, atau Apple Watch yang hilang dengan aplikasi Lacak foto: freepik

Jaringan dan aplikasi Lacak Apple memanfaatkan pendekatan yang bersumber dari banyak orang, menggunakan ratusan juta perangkat Apple dengan teknologi Bluetooth untuk mendeteksi dan melaporkan perkiraan lokasi perangkat atau item yang hilang kembali ke pemiliknya.

Prosesnya aman dan pribadi, menampilkan enkripsi ujung ke ujung dan anonimitas, mencegah Apple atau pihak ketiga mana pun mengakses lokasi atau informasi perangkat.

Pengenalan jajaran iPhone 15 dan Apple Watches terbaru menghadirkan teknologi Ultra Wideband generasi kedua, meningkatkan ketepatan pencarian lokasi dibanding chip U1 asli yang diperkenalkan pada iPhone 11.

Pembaruan ini memungkinkan Penemuan Presisi, yang menawarkan panduan lebih detail tentang seberapa dekat kamu dengan perangkat yang hilang, meningkatkan fungsionalitas ping dasar model sebelumnya.

Cara mengaktifkan aplikasi Lacak

Cara menemukan iPhone, AirPods, atau Apple Watch yang hilang dengan aplikasi Lacak foto: freepik/user7814140

Perangkat harus mengaktifkan fitur Lacak Saya sebelum hilang. Jika fitur berbagi lokasi tidak diaktifkan sebelum perangkat hilang, kamu tidak akan dapat melacaknya dengan aplikasi Lacak. Untungnya, proses penyiapan awal sering kali meminta pengguna baru untuk mengaktifkan Lacak.

Untuk memeriksa apakah Lacak diaktifkan di perangkat atau untuk mengaktifkannya berikut caranya.

1. Buka Pengaturan di iPhone atau iPad, atau Pengaturan Sistem di Mac.

2. Ketuk ID Apple kamu.

3. Ketuk Lacak. (Jika kamu menggunakan Mac, klik nama perangkat terlebih dahulu, lalu kamu akan melihat opsi Lacak).

4. Di bawah fitur Temukan iPhone Saya, ketuk untuk menyalakan jika belum diaktifkan.

(brl/red)