Cara upgrade Windows 10 ke Windows 11, periksa persyaratan minimum perangkat kamu

Cara upgrade Windows 10 ke Windows 11, periksa persyaratan minimum perangkat kamu

Techno.id - Laptop kamu masih menggunakan sistem operasi Windows 10? Nah jika ingin merasakan pengalaman baru, maka tidak ada salahnya kamu upgrade ke Windows 11.

Namun sebelum kamu melakukannya, terlebih dahulu kamu harus memeriksa laptop atau komputer kamu, apakah memenuhi persyaratan untuk upgrade sistem OS Windows tersebut.

Untuk memeriksanya pertama kamu buka Start lalu ketik health. Kemudian buka PC Health Check lalu klik periksa sekarang (Check Now). Jika pembaruan Windows 11 tersedia dan komputer kamu memenuhi syarat, maka kamu bisa upgrade gratis ke Windows 11. Kamu Pilih Unduh dan instal. Begini cara upgrade.

  1. Klik Start, ketik Pembaruan Windows, lalu pilih pengaturan Pembaruan Windows.
  2. Pilih Periksa pembaruan.
  3. Baca Ketentuan Lisensi Perangkat Lunak, lalu pilih Terima dan instal.
  4. Hidupkan ulang komputer saat diminta.
  5. Masuk ke akun Windows kamu saat jendela masuk muncul.

Persyaratan sistem minimum Windows 11

Cara upgrade Windows 10 ke Windows 11, periksa persyaratan minimum perangkat kamu foto: tangkapan layar/techno.id

Untuk memutakhirkan ke Windows 11, komputer kamu harus memenuhi persyaratan sistem minimum. Sebab persyaratan Windows 11 bekerja sedikit berbeda dari persyaratan sistem minimum sebelumnya untuk sistem operasi seperti Windows 10.

Lihat halaman persyaratan sistem Microsoft dan perhatikan dengan cermat fitur-fitur seperti UEFI, Safe Boot, dan TPM 2.0. Ini ada di luar persyaratan memori, prosesor, dan grafis normal OS Windows, yang sebaliknya mirip dengan Windows 10.

Meskipun perangkat kamu memenuhi persyaratan minimum, kamu tidak diwajibkan untuk memutakhirkan. Berpindah dari Windows 10 ke Windows 11 tidak banyak membantu kamu kecuali jika kamu tertarik dengan fitur-fitur Windows 11.

Apakah Windows 11 gratis?

Cara upgrade Windows 10 ke Windows 11, periksa persyaratan minimum perangkat kamu foto: tangkapan layar/techno.id

Jika kamu adalah konsumen dengan salinan Windows 10 yang diperoleh secara legal dan memenuhi persyaratan sistem minimum, maka kamu dapat memutakhirkan ke Windows 11 secara gratis. Sebaliknya, jika kamu tidak memiliki salinan Windows 10, lisensi Windows 11 akan tersedia untuk dibeli.

Selain itu, jika Windows 11 tidak secara resmi mendukung perangkat kamu, maka kamu tidak akan pernah melihat pembaruan yang ditawarkan melalui Pembaruan Windows. Tapi jangan khawatir, Windows 10 masih akan didukung secara resmi hingga Oktober 2025.

(brl/red)