Android 15 akan menghadirkan fitur Bluetooth Auto-On, ini fungsinya  

Android 15 akan menghadirkan fitur Bluetooth Auto-On, ini fungsinya  

Techno.id - Google merilis Pratinjau Pengembang Android 15 beberapa minggu lalu. Status stabil Android 15 diharapkan sekitar kuartal ketiga tahun ini. Saat para ahli mulai mempelajari lebih dalam beberapa rilis beta pertama Android 15, banyak fitur yang terungkap setiap minggu.

Baru-baru ini, diketahui bahwa Android 15 mungkin tidak memungkinkan pengguna mematikan Bluetooth dalam waktu lama. Android 15 dapat mengaktifkan Bluetooth sehari setelah kamu mematikannya. Tujuannya untuk meningkatkan efektivitas fitur Find My Device Google.

Menurut laporan baru dari Otoritas Android, ada banyak referensi ke fitur yang disebut Bluetooth Auto-On. Sesuai dengan namanya, Android 15 dapat mengaktifkan Bluetooth sendiri setelah beberapa waktu.

Saat fitur ini diaktifkan, dan pengguna mencoba mematikan Bluetooth di perangkatnya, mereka mungkin melihat dialog yang bertuliskan, Fitur seperti Berbagi Cepat, Temukan Perangkat Saya, dan lokasi perangkat menggunakan Bluetooth. Ini untuk meningkatkan efektivitas jaringan Find My Device Google yang akan datang.

Google Find My Device diharapkan diluncurkan minggu depan. Fitur ini memungkinkan pengguna melacak perangkat yang hilang atau dicuri. Jaringan yang terdiri dari miliaran perangkat Android ini sebagian besar mengandalkan Bluetooth.

Android 15 akan menghadirkan fitur Bluetooth Auto-On, ini fungsinya foto: techno.id/yani andriyansyah

Di jaringan ini, perangkat Android melakukan ping ke perangkat terdekat yang kompatibel melalui Bluetooth, membuat jaringan mesh yang besar dan memungkinkan perangkat yang hilang dilacak. Ini mirip dengan cara kerja Samsung Find di perangkat Galaxy.

Data sepenuhnya dienkripsi, jadi kamu tidak perlu khawatir lokasi perangkat kamu dilacak oleh orang lain. Hanya kamu yang dapat melacak perangkat yang terdaftar di akun Google kamu. Selain itu, hanya aplikasi sistem yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Bluetooth, jadi tidak ada aplikasi pihak ketiga yang dapat mengontrolnya.

Jaringan Find My Device tidak akan seefektif jika orang mematikan Bluetooth di perangkat Android mereka. Jadi, Google mungkin mengubah cara kerja dan mematikan Bluetooth di Android.

Di Android 14 QPR2, dialog yang bertuliskan hidupkan lagi secara otomatis besok terkadang sudah mulai muncul saat kamu mematikan Bluetooth. Google mungkin ingin mengambil satu langkah lebih jauh dengan Android 15 dengan hanya menjeda Bluetooth saat kamu mematikan sakelar pengaturan cepatnya.

Namun fitur Bluetooth Auto-On belum aktif di versi Android 14 atau Android 15 mana pun yang pernah dirilis Google. Nah buat kamu pengguna Samsung, karena memiliki jaringan Samsung Find sendiri, mirip dengan jaringan Find My Device Google, masih harus dilihat apakah Samsung memutuskan untuk tetap mengaktifkan keduanya, tetap menggunakan jaringannya sendiri, atau mengintegrasikan Samsung Find dengan Find My Device Google.

(brl/red)