3 Cara membuat cadangan file menggunakan command prompt

3 Cara membuat cadangan file menggunakan command prompt

-

2. XCOPY

3 Cara membuat cadangan file menggunakan command prompt foto: freepik.com/dcstudio

Satu lagi alat canggih yang ditawarkan command prompt yakni perintah XCOPY yang menyalin file kamu dari satu lokasi ke lokasi lain. Perintah ini berguna untuk menyalin semua file dan subdirektori dari folder sumber ke folder tujuan, termasuk file dan direktori kosong.

Untuk menjalankan perintah XCOPY, gunakan format berikut: xcopy /s /e /h /i /y source folder path destination folder path

Sebagai contoh, jika kamu ingin menyadangkan seluruh folder dari satu tempat, misalnya, folder Downloads di drive C: ke drive E: kamu akan menjalankan perintah yang akan terlihat seperti ini: xcopy C:\Users\shaantminhas\Downloads E:\ /s /v

Parameter /s dan /v berguna untuk menyalin direktori dan subdirektori serta memverifikasi setiap file yang diunduh.

3. Wbadmin

3 Cara membuat cadangan file menggunakan command prompt foto: freepik.com

Ingin menyadangkan file sistem operasi kamu untuk melindunginya dari kerusakan dan kesalahan acak? Wbadmin akan membantu kamu. Cara ini memungkinkan kamu menyadangkan dan memulihkan sistem operasi, volume, file, atau aplikasi kamu dengan cepat.

Berikut cara membuat cadangan dengan Wbadmin di command prompt :

wbadmin start backup -backupTarget:: -allCritical -systemState -quiet

Ketik perintah di atas cmd dan tekan Enter. Dari atas, ganti BackupDrive dengan huruf drive atau lokasi jaringan tempat kamu ingin menyimpan cadangan di PC. Kamu juga dapat menyadangkan file atau folder tertentu dengan Wbadmin. Sebagai contoh, untuk membuat cadangan drive D: di drive F: ketik perintah berikut dan tekan Enter:

wbAdmin start backup -backupTarget:D: -include:F: -allCritical quiet

Selain itu, untuk mengatur cadangan di PC kamu pada waktu tertentu, ketik perintah berikut:

wbadmin enable backup -addTarget:: -schedule:00:00 quiet

Ganti BackupDrive dengan huruf drive atau huruf jaringan tempat kamu ingin menyimpan data, dan 00:00 dengan waktu yang kamu inginkan untuk melakukan penyadangan. Kamu dapat menjelajahi banyak kombinasi lain seperti ini, dengan bantuan parameter yang berbeda.

(brl/red)