Microsoft tambahkan gallery view untuk file explorer Windows 11

Microsoft tambahkan gallery view untuk file explorer Windows 11

Techno.id - Microsoft memperkenalkan fitur baru pada update terbaru Windows 11 yakni Gallery View pada file explorer. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat melihat foto yang tersimpan secara lokal dengan lebih mudah dan intuitif.

Dilansir dari blogs.windows, pembaruan ini merupakan bagian dari Windows 11 Insider Preview Build 23435. Fitur ini akan memungkinkan pengguna mengakses koleksi foto. Pembaruan ini kurang lebih mirip dengan aplikasi Gallery yang terdapat pada Android ataupun MacOS. Menurut Microsoft, pembaruan ini dirancang untuk memungkinkan pengguna mengakses foto secara lebih mudah.

Gallery dirancang untuk mengoptimalkan pengguna dalam mengakses foto yang baru saja diambil. Selain itu, Gallery juga akan menampilkan foto yang tersimpan dalam cloud storage mereka yaitu OneDrive secara otomatis. Pengguna juga dapat memilih folder apa yang akan ditampilkan pada Gallery, termasuk menambahkan subfolder.

Microsoft tambahkan gallery view untuk file explorer Windows 11 foto: blogs.microsoft

Gallery juga akan bekerja pada file picking dialog. File picking dialog sendiri merupakan windows yang terbuka ketika pengguna ingin menambahkan file pada aplikasi lain, misalnya ketika pengguna mengklik ikon Picture pada kolom insert di Microsoft Word. Dilansir dari xda-developer, fitur ini memudahkan pengguna mencari file ketika akan mengirim kepada orang lain.

Pembaruan ini belum tersedia bagi seluruh pengguna Windows 11. Saat ini hanya tersedia di sebagian Insider di Dev Channel. Hal ini untuk memantau kritik dan saran dari pengguna terhadap fitur ini sebelum dirilis secara publik kepada seluruh penggna windows 11.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)