3 Cara membuat cadangan file menggunakan command prompt

3 Cara membuat cadangan file menggunakan command prompt

Techno.id - Membuat cadangan file Windows secara teratur sama pentingnya dengan melakukan pembaruan Windows secara rutin. Hal ini karena penyadangan tidak hanya melindungi dari kerusakan data secara acak yang dapat terjadi pada PC atau laptop kamu karena berbagai alasan, tetapi juga mencegah hilangnya data yang disebabkan kesalahan manusia, serangan malware, dan sebagainya.

Banyak cara untuk menyadangkan file yang bisa digunakan seperti Pemulihan Sistem, Riwayat File, dan lain sebagainya. Tetapi ada juga metode lain yang lebih mudah yakni menggunakan command prompt (CMD).

Berikut beberapa perintah command prompt yang dapat membantu kamu membuat cadangan file.

1. Robocopy

3 Cara membuat cadangan file menggunakan command prompt foto: freepik.com/pressfoto

Perintah Robocopy adalah perintah cmd praktis yang dapat menyalin semua file Windows kamu dengan mudah. Dengan Robocopy kamu dapat menyalin semua file atau subdirektori dari folder sumber ke folder tujuan, termasuk direktori kosong.

Untuk menyadangkan file menggunakan perintah Robocopy kamu tinggal buka command prompt (cmd) dan tekan Enter. Lalu ketik: robocopy "source folder path" "destination folder path"/e /mir /r:1 /w:1 /np /log: "log file path"

Di sini, kamu bisa ganti source folder path (jalur folder sumber) dengan jalur folder sumber secara realtime. Demikian pula untuk destination folder path (jalur folder tujuan). Opsi /mir kemudian akan memiripkan folder sumber ke folder tujuan. Ini berarti folder tujuan juga akan menghapus semua file yang terhapus dari sumber.

Selain itu, parameter /r dan /w akan menentukan jumlah percobaan ulang dan waktu tunggu jika terjadi kesalahan. Pada saat yang sama, parameter /np dan /log menentukan kemajuan pencadangan dan memelihara file log pencadangan.

Sebagai contoh, untuk menyalin file 'file1' dari folder Unduhan di drive D: ke drive E: perintahnya sebagai berikut: robocopy D:Downloadsfile1 E: /MIR

(brl/red)