Microsoft dikabarkan mengembangkan mode handheld untuk Windows 11, makin nyaman dipakai di Steamdeck

Microsoft dikabarkan mengembangkan mode handheld untuk Windows 11, makin nyaman dipakai di Steamdeck

Techno.id - Windows 11 dikabarkan sedang mengembangkan mode handheld yang memungkinkan digunakan pada konsol gaming handheld dengan lebih optimal. Artinya, fitur ini akan meningkatkan pengalaman penggunaan Windows 11 di konsol gaming handheld.

Fitur ini sangat cocok digunakan untuk Steamdeck ataupun konsol gaming portabel lain seperti ROG Ally. Melansir trustedreviews, sebenarnya kabar ini mencuat diacara hackaton internal Microsoft pada September 2022 silam. Pada acara tersebut, Microsoft dikabarkan menguji beberapa proyek, salah satunya Windows 11 handheld mode.

Dilansir pureinfotech, handheld mode bukan varian baru Windows 11 melainkan sebuah mode saja. Kurang lebih mirip dengan tablet mode pada Windows 8 dan 10. Pengguna dapat mengaktifkan mode ini melalui menu settings.

Microsoft dikabarkan mengembangkan mode handheld untuk Windows 11, makin nyaman dipakai di Steamdeck foto: pureinfotech/@h0x0d di twitter

Windows 11 memang lebih popular digunakan pada PC ataupun laptop. Namun saat ini sebenarnya sudah cukup banyak konsol handheld dengan Windows 11 yang sudah pre-installed. Sayangnya, penggunaan Windows 11 di konsol handheld masih kurang optimal. Hal ini disebabkan karena layar yang kecil dan kontrol pada konsol handheld.

Windows handheld mode merupakan sebuah antar muka yang akan menggantikan antar muka standar pada Windows 11. Antarmuka ini dirancang untuk navigasi yang lebih mudah dengan penggunaan gaming control seperti joystick, keypad, ataupun trackpad. Antarmuka tersebut memiliki beberapa perbedaan dari Windows 11 konvensional seperti search bar yang terletak di atas dan taskbar yang mengambang.

Microsoft dikabarkan mengembangkan mode handheld untuk Windows 11, makin nyaman dipakai di Steamdeck foto: windowscentral/@h0x0d di twitter

Masih belum dapat diketahui kapan handheld mode ini akan dirilis Microsoft. Sebab proyek ini masih merupakan sebuah ide awal dan konsep saja. Jadi, belum dapat dipastikan apakah fitur ini akan benar-benar direalisasikan. Namun demikian, tetap menarik untuk menunggu kabar terbaru dari handheld mode ini.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)