4 Teknologi ini digadang-gadang bisa menggantikan ponsel cerdas di masa depan

4 Teknologi ini digadang-gadang bisa menggantikan ponsel cerdas di masa depan

Techno.id - Saat ini sulit membayangkan ada orang hidup tanpa smartphone. Maklum, perangkat ini sudah menjadi keseharian banyak orang untuk membantu mereka beraktivitas.

Saat ini hampir semua kebutuhan bisa dipenuhi dengan menggunakan smartphone. Selain untuk berkomunikasi, smartphone juga menjadi alat yang digunakan untuk mempermudah pengguna, mulai dari mengirim pesan, menerima email, membantu navigasi, hingga melakukan pembayaran secara online.

Namun, belakangan ini muncul beberapa teknologi yang digadang-gadang bisa menggantikan smartphone. Berikut beberapa gadget yang diklaim di masa depan bisa menggeser posisi smartphone.

1. AI Pin Wearables

4 Teknologi ini digadang-gadang bisa menggantikan ponsel cerdas di masa depan foto: humane

Humane AI adalah perusahaan rintisan yang membuat perangkat yang disematkan di pakaian dan dapat tersambung langsung ke ChatGPT. Karena ChatGPT sekarang dapat melihat dan mendengar, kamu dapat berkomunikasi dengannya dan menunjukkannya menggunakan kamera onboard pin.

Perangkat ini juga berisi proyektor laser yang dapat menampilkan informasi atau opsi kepada kamu dengan memproyeksikan ke tangan atau ke dinding. Kamu juga dapat menganggapnya sebagai kepala robot tanpa tubuh yang disematkan ke baju untuk membantu kamu menelepon dan berbelanja.

Jenis perangkat yang dapat dikenakan ini secara teoritis dapat menggantikan sebagian besar tugas ponsel cerdas. Tetapi tentu saja masalah utamanya adalah sulit untuk menggunakan perangkat seperti ini secara pribadi, karena semua orang dapat mendengar percakapan dengan teman virtual kamu. Mungkin jika menggabungkan teknologi ini dengan gadget MIT yang memungkinkan kamu berbicara tanpa suara, ini bisa menjadi solusi praktis.

2. Headset AR

4 Teknologi ini digadang-gadang bisa menggantikan ponsel cerdas di masa depan foto: meta.com

Baik itu Apple Vision Pro, Meta Quest Pro, atau Meta Quest 3 yang jauh lebih terjangkau, headset AR sekarang sudah ada. Dengan memakai salah satu headset ini, kamu dapat menyulap layar virtual sebanyak yang kamu suka. Kamu juga dapat berbicara lantang untuk mengontrol dunia realitas campuran, atau menggunakan tangan untuk memanipulasi tombol virtual.

Headset ini hanya dapat menggantikan ponsel cerdas jika dapat digunakan di tempat umum. Cuma masalahnya, apakah mungkin semua orang yang berjalan-jalan di tempat umum menggunakan perangkat ini, layaknya figuran di film Ghost In the Shell.

3. Kacamata pintar

4 Teknologi ini digadang-gadang bisa menggantikan ponsel cerdas di masa depan foto: lenovo

Kacamata pintar video generasi terbaru sebelumnya digadang-gadang bisa menggantikan smartphone. Namun faktanya tidak. Sebab, perangkat ini harus dicolokkan ke port USB-C ponsel cerdas agar dapat digunakan.

Teknologi kacamata video dapat dikombinasikan dengan jenis smartphone tanpa layar di saku pengguna. Jadi setidaknya peranmgkat ini menjadi bagian dari pengganti potensial untuk smartphone seperti yang kita kenal sekarang.

4. Jam tangan pintar

4 Teknologi ini digadang-gadang bisa menggantikan ponsel cerdas di masa depan foto: apple

Jam tangan pintar menurut definisi adalah aksesori ponsel cerdas. Tetapi dalam banyak kasus, jika kamu meninggalkan ponsel di rumah, mungkin tetap dapat melakukan sebagian besar pekerjaan ponsel cerdas pada jam tangan pintar.

Apple Watch Ultra pada dasarnya adalah smartphone yang dikenakan di pergelangan tangan tanpa kamera. Kecuali kamu membutuhkan layar besar dari smartphone biasa saat ini, jam tangan pintar sebenarnya bisa menjadi cara yang layak untuk memberi kamu 90% dari apa yang dilakukan ponsel cerdas.

(brl/red)