5 Fitur canggih smartband yang dapat meningkatkan kesehatan, dari deteksi jantung hingga tingkat stres

5 Fitur canggih smartband yang dapat meningkatkan kesehatan, dari deteksi jantung hingga tingkat stres

Techno.id - Di era digital seperti sekarang, semakin banyak orang yang peduli kesehatan dengan memantaunya melalui wearable gadget. Salah satu inovasi terkini yang mendapat perhatian adalah smartband, perangkat pintar yang menggabungkan teknologi canggih dengan kemudahan penggunaan.

Smartband bukan hanya menjadi aksesori gaya hidup, tetapi juga menjadi alat yang efektif dalam memonitor dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Perangkat pintar yang dipakai di pergelangan tangan ini telah menjadi teman sehari-hari bagi banyak orang.

Selain dapat memantau aktivitas fisik, smartband juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat membantu meningkatkan gaya hidup sehat. Berikut penjelasan Techno.id dari 5 fitur smartband yang dapat membantu kamu menjalani hidup yang lebih sehat, Rabu(22/11).

1. Pemantauan aktivitas fisik yang akurat

5 Fitur canggih smartband yang dapat meningkatkan kesehatan, dari deteksi jantung hingga tingkat stres foto: freepik

Salah satu fitur utama smartband adalah kemampuannya untuk memantau aktivitas fisik pengguna. Dengan sensor-sensor yang canggih, smartband dapat mengukur langkah, jarak tempuh, dan jumlah kalori yang terbakar. Dengan data yang akurat ini, kamu dapat mengatur target harian dan tingkat aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengontrol berat badan.

2. Pemantauan kualitas tidur

5 Fitur canggih smartband yang dapat meningkatkan kesehatan, dari deteksi jantung hingga tingkat stres foto: freepik

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan. Smartband dilengkapi dengan sensor tidur yang dapat memantau pola tidur. Fitur ini memberikan informasi tentang durasi tidur, kedalaman tidur, dan waktu bangun.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola tidur, kamu dapat mengidentifikasi kebiasaan tidur yang perlu ditingkatkan untuk memastikan kamu mendapatkan istirahat yang optimal setiap malam.

3. Pemantauan denyut jantung real-time

5 Fitur canggih smartband yang dapat meningkatkan kesehatan, dari deteksi jantung hingga tingkat stres foto: freepik

Denyut jantung adalah indikator penting kesehatan kardiovaskular. Smartband modern dilengkapi sensor denyut jantung yang dapat memantau detak jantung secara real-time. Dengan pemantauan ini, kamu dapat mengidentifikasi tren dan perubahan dalam detak jantung, memberi sinyal jika ada potensi masalah kesehatan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil tindakan pencegahan lebih awal dan menjaga kesehatan jantung.

4. Notifikasi pengingat bergerak dan minum air

5 Fitur canggih smartband yang dapat meningkatkan kesehatan, dari deteksi jantung hingga tingkat stres foto: freepik/freepic.diller

Smartband tidak hanya memantau, tetapi juga membantu pengguna tetap disiplin dalam menjalani gaya hidup sehat. Fitur notifikasi pengingat bergerak mengingatkan pengguna untuk berdiri atau bergerak setelah periode waktu tertentu. Selain itu, pengingat untuk minum air secara teratur membantu menjaga hidrasi tubuh, yang penting untuk fungsi tubuh yang optimal.

5. Pelacakan stres dan relaksasi

5 Fitur canggih smartband yang dapat meningkatkan kesehatan, dari deteksi jantung hingga tingkat stres foto: freepik/pressmaster

Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik. Beberapa smartband dilengkapi dengan fitur pelacakan stres yang menggunakan sensor detak jantung untuk mengukur tingkat stres pengguna. Selain itu, fitur relaksasi menyediakan panduan pernapasan atau meditasi singkat untuk membantu pengguna mengatasi stres dan menjaga keseimbangan mental.

Dengan fitur-fitur canggih tersebut, smartband bukan hanya perangkat mode, tetapi juga kawan sehat yang dapat membantu pengguna menjalani gaya hidup yang lebih seimbang dan aktif.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)