10 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tetap sehat

10 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tetap sehat

Techno.id - Semua orang saat ini sangat bergantung pada smartphone. Semakin lama menggunakan smartphone, otomatis akan menguras daya baterai. Tidak jarang, baterai akan cepat habis.

Tetapi bagaimana cara menjaga baterai ponsel kamu tetap sehat? Berikut beberapa tips efektif dan mudah untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone kamu.

1. Siklus pengosongan

10 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tetap sehat foto: freepik/rawpixel.com

Kesalahan pertama yang sering dilakukan dengan ponsel cerdas adalah menghubungkan pengisi daya kapan saja untuk mengisi ulang baterai. Ini adalah cara yang salah.

Baterai smartphone memiliki fitur siklus pengosongan dan sebagian besar baterai akan menurun kualitasnya setelah 400-600 kali pengosongan. Namun, jika kamu mengisi daya smartphone dengan bijak dan menghubungkan pengisi daya hanya ketika baterai tersisa sekitar 10 hingga 20%, kamu tidak akan menghabiskan siklus pengosongan dengan cepat. Cara ini secara otomatis akan meningkatkan masa pakai baterai smartphone.

2. Matikan pengisian daya 100%

Kesalahan kedua, yang sangat umum terjadi adalah tidak mencabut pengisi daya bahkan setelah baterai terisi 100%. Meskipun tidak ada masalah pengisian daya yang berlebihan, tetapi jika kamu tetap menggunakan pengisi daya untuk waktu yang lebih lama setelah baterai terisi penuh, ada lebih banyak kemungkinan masa pakai baterai akan berkurang.

3. Gunakan pengisi daya dan kabel yang asli atau bersertifikat

10 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tetap sehat foto: freepik/alexlypa

Tidak masalah jika kamu menggunakan iPhone atau perangkat Android. Tapi jangan pernah menggunakan pengisi daya atau kabel yang murah. Pastikan kamu menggunakan pengisi daya dan kabel asli dan bersertifikat untuk mengisi ulang baterai. Pengisi daya dan kabel asli akan menjamin mengurangi kemungkinan penurunan masa pakai baterai smartphone.

4. Pengosongan penuh

Coba biasakan untuk membiarkan baterai smartphone kamu benar-benar habis dan kemudian biarkan baterai terisi hingga 100% tanpa gangguan. Cara ini akan mengurangi penurunan daya tahan baterai yang parah.

5. Lepaskan casing ponsel saat mengisi daya

Ada satu fakta lagi yang harus diperhatikan tetapi biasanya kita mengabaikannya. Jangan pernah mengisi daya baterai ponsel cerdas saat menggunakan casing. Karena menggunakan casing saat mengisi daya ponsel cerdas selama berjam-jam dapat menimbulkan masalah panas berlebih.

6. Jauhkan dari sumber panas

10 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tetap sehat foto: unsplash/daniel korpai

Ingatlah hal ini bahwa ponsel dan baterai tidak boleh digunakan di bawah sinar matahari langsung dan jangan pernah meletakkan ponsel di dekat sumber panas. Hal ini akan menjaga masa pakai baterai tetap sehat.

7. Gunakan wallpaper hitam dan putih

Ganti wallpaper layar beranda dan layar kunci dengan wallpaper hitam dan putih, bukan warna-warna mencolok. Kamu akan melihat penurunan daya baterai yang lebih sedikit setelah menerapkan cara ini.

8. Kecerahan otomatis

Satu lagi tips adalah untuk selalu mengaktifkan opsi kecerahan otomatis. Hindari menggunakan ponsel cerdas di bawah kecerahan penuh terutama di bawah sinar matahari.

9. Membersihkan port pengisian daya

10 Tips dan trik agar baterai smartphone kamu tetap sehat foto: unsplash/lasse jensen

Bersihkan port pengisian daya setiap tiga atau empat hari sekali. Kamu dapat menggunakan tusuk gigi dengan kain lembut di bagian depan dan membersihkan port pengisian daya smartphone dengan lembut.

10. Jangan perbarui OS

Hindari pembaruan perangkat lunak apa pun setelah 2 tahun sejak dirilis. Karena banyak merek smartphone yang memperlambat perangkat mereka setelah rentang waktu dua tahun. Tidak hanya itu, efisiensi baterai dan daya juga berkurang. Jadi sebelum memperbarui perangkat lunak, lihatlah ulasan pengguna terlebih dahulu.

(brl/red)