5 Tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk memperpanjang masa pakai smartphone

5 Tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk memperpanjang masa pakai smartphone

Techno.id - Berapa lama kamu dapat menggunakan ponsel sebelum menggantinya dengan yang baru? Pasti banyak dari kita menginginkan memakai ponsel selama mungkin, meski hal tersebut sulit dicapai.

Sebab, ponsel memiliki batasan masa pakai. Lamanya penggunaan ponsel sangat ditentukan oleh cara kamu memperlakukannya dan seberapa hati-hati kamu menggunakannya. Namun kamu bisa menggunakan beberapa tips untuk memperpanjang masa pakai ponsel.

1. Hindari mengisi daya baterai saat hendak tidur

5 Tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk memperpanjang masa pakai smartphone foto: freepik/jero sennegs

Mengisi daya ponsel semalaman mungkin menjadi perhatian banyak orang. Sebab ada mitos umum tentang cara ini. Banyak yang beranggapan mengisi daya semalaman menyebabkan kelebihan beban. Sebenarnya kamu tidak perlu mengkhawatirkannya, karena ponsel cerdas modern saat ini cukup pintar untuk mendeteksi kapan baterai telah terisi penuh.

Namun, telah terbukti bahwa mengisi daya ponsel hingga 100% dapat membuat baterai ponsel cepat rusak. Karena ketika baterai mencapai daya 100%, baterai akan mendapatkan trickle charge untuk mempertahankan daya 100% tersebut ketika dicolokkan.

Dengan kata lain, mengisi daya ponsel hingga 100% tidak akan membebani baterai secara berlebihan, tetapi dapat menyebabkan baterai menjadi lemah, yang pada akhirnya dapat merusak masa pakai baterai dalam jangka panjang.

Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan tidak mengisi daya ponsel semalaman. Kamu bisa menggunakan pengisi daya cepat untuk mengisi daya ponsel pada waktu-waktu tertentu dalam sehari.

2. Jaga agar ponsel terisi daya antara 20%-80%

5 Tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk memperpanjang masa pakai smartphone foto: freepik/sersoll

Mengisi daya ponsel hingga 80-100% dapat menyebabkan ketegangan pada baterai ponsel. Sementara ketika baterai ponsel berada di bawah 20% juga cenderung menambah keausan pada baterai.

Karena itu, yang terbaik adalah menjaga pengisian daya antara 20%-80%, bahkan ada yang mengatakan 40%-70% adalah yang terbaik, tetapi secara umum menjaganya tetap pada kisaran persentase tersebut akan membantu meningkatkan masa pakai baterai. Menjaga daya baterai pada 50%-60% akan menjadi solusi yang ideal.

3. Gunakan pelindung layar

5 Tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk memperpanjang masa pakai smartphone foto: freepik/nitayuko

Pelindung layar adalah cara yang mudah dan efisien untuk melindungi layar ponsel kamu. Seperti dilansir Survei SquareTrade, sebanyak 66 persen konsumen mengalami kerusakan pada perangkat mereka selama setahun terakhir, termasuk retak, tergores, dan baterai yang rusak.

Berdasarkan angka-angka tersebut, secara berurutan, menjatuhkan ponsel ke tanah, terjatuh dari saku, tercebur ke dalam air, ponsel terjatuh dari meja atau meja, terjatuh di toilet, dan terjatuh dari tas merupakan enam masalah yang paling sering terjadi.

4. Gunakan casing ponsel

5 Tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk memperpanjang masa pakai smartphone foto: freepik/user3802032

Ada banyak casing yang diklaim tahan lama. Penggunaan casing dapat membantu kamu menghindari dari masalah benturan atau terjatuh.

5. Singkirkan aplikasi yang jarang digunakan

5 Tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk memperpanjang masa pakai smartphone foto: freepik

Tidak semua aplikasi di smartphone digunakan. Karena itu ada baiknya kamu menghapus aplikasi yang jarang atau tidak pernah sama sekali digunakan.

Membiarkan aplikasi-aplikasi tersebut berjalan di latar belakang dapat menyebabkan penggunaan baterai yang tidak perlu. Pada gilirannya, hal ini akan membebani dan menguras baterai, yang pada akhirnya akan mengurangi masa pakai baterai.

Dampak lain dari memiliki aplikasi yang tidak terpakai di ponsel juga akan menghabiskan penyimpanan RAM dan komponen lainnya, yang dapat menyebabkan melambatnya aplikasi lain.

Jadi disarankan untuk membersihkan aplikasi setiap beberapa bulan sekali untuk menyingkirkan aplikasi yang tidak ada gunanya, meskipun kamu memiliki banyak penyimpanan yang tersisa.

(brl/red)