3 Faktor yang harus kamu perhatikan untuk mengisi ulang baterai ponsel yang sudah lama mati

3 Faktor yang harus kamu perhatikan untuk mengisi ulang baterai ponsel yang sudah lama mati

Techno.id - Kamu mungkin pernah membiarkan smartphone mati dalam waktu yang cukup lama dengan kapasitas baterai yang minim. Kondisi tersebut secara otomatis akan membuat baterai habis pada waktu tertentu.

Nah saat baterai smartphone telah mencapai batasnya atau dibiarkan kosong dalam jangka waktu yang lama, baterai akan kehilangan kemampuan untuk menyimpan daya. Jika baterai ponsel kamu mati, tidak ada salahnya mencoba menghidupkannya kembali. Berikut beberapa cara untuk menghidupkan kembali baterai ponsel yang sudah lama mati.

1. Periksa port pengisian daya

3 Faktor yang harus kamu perhatikan untuk mengisi ulang baterai ponsel yang sudah lama mati foto: freepik/bublikhaus

Saat ini hampir semua smartphone memiliki baterai yang ditanam di dalam perangkat. Sebelum mencoba menghidupkan kembali baterai, periksa terlebih dahulu port pengisian daya. Smartphone yang dibiarkan lama mungkin saja telah mengumpulkan banyak debu, kotoran, atau serpihan.

Jika port dalam kondisi kotor, kamu tidak dapat mengisi daya ponsel. Gunakan blower udara untuk membersihkan lensa kamera dan tusuk gigi untuk membersihkannya.

2. Periksa sumber listrik

3 Faktor yang harus kamu perhatikan untuk mengisi ulang baterai ponsel yang sudah lama mati foto: freepik/pvproductions

Sebelum menyolok perangkat pengisi daya, periksa terlebih dahulu sumber listrik (stopkontak). Pastikan stopkontak berfungsi dengan baik. Gunakan stopkontak tersebut untuk mengisi daya baterai ponsel. Jika stopkontak tersebut bermasalah, coba stopkontak lain yang di rumah kamu.

3. Coba pengisi daya lain

3 Faktor yang harus kamu perhatikan untuk mengisi ulang baterai ponsel yang sudah lama mati foto: freepik/ali_productios

Kabel atau adaptor pengisi daya yang rusak atau tidak kompatibel dapat menjadi penyebab baterai tidak akan terisi daya. Dalam hal ini, gunakan pengisi daya atau adaptor yang berbeda untuk melihat apakah baterai kamu terisi.

Kamu dapat mencoba mengganti kabel terlebih dahulu, tetapi jika ponsel masih tidak dapat mengisi daya, cobalah kabel lama dengan adaptor baru. Jika ponsel kamu terisi daya dengan kabel atau adaptor baru, maka masalahnya terdapat pada perangkat pengisi daya.

(brl/red)