Ini yang menyebabkan masalah panas berlebih pada smartphone Android, begini cara menghindarinya

Ini yang menyebabkan masalah panas berlebih pada smartphone Android, begini cara menghindarinya

Techno.id - Produsen smartphone terus meningkatkan produk mereka untuk memasukkan perangkat keras terbaik. Kini sudah banyak smartphone yang berjalan dengan RAM besar serta prosesor yang sangat kuat. Konsekuensinya, smartphone saat inimembutuhkan energi yang cukup besar untuk menjalankan perangkat keras dan perangkat lunak.

Pada saat yang sama, para desainer mengecilkan ukuran dan menciptakan smartphone yang sangat tipis. Hanya saja, opsi ini pada akhirnya mengarah pada manajemen panas yang tidak konsisten dan buruk yang menyebabkan sejumlah besar masalah.

Namun, dalam skenario tertentu, masalah panas terjadi dalam jangka waktu yang lama ketika smartphone mulai menua. Sebenarnya ada beberapa solusi dan metode yang dapat mengurangi risiko dan masalah panas berlebih pada smartphone. Namun sebelum mengetahui cara menghindari panas berlebih pada smartphone, sebaiknya kamu ketahui dulu penyebab yang paling umum terjadi.

1. Menggunakan smartphone saat mengisi daya

Ini yang menyebabkan masalah panas berlebih pada smartphone Android, begini cara menghindarinya foto: freepik/rawpixel.com

Ini mungkin merupakan sumber utama untuk masalah pemanasan pada smartphone. Mayoritas pengguna seringkali menggunakan perangkat genggam mereka saat terhubung ke sumber listrik.

Saat menggunakan smartphone, perangkat akan mengeluarkan panas. Baterai saat diisi daya juga mengeluarkan panas. Jika keduanya digabungkan, bisa dibayangkan dampaknya. Karena itu sebaiknya hindari kebiasaan ini.

2. Bermain game secara berlebihan

Ini yang menyebabkan masalah panas berlebih pada smartphone Android, begini cara menghindarinya foto: unsplash/onur binay

Lebih lanjut tentang bermain game. Sebaiknya hindari bermain game secara terus-menerus di smartphone karena dapat menekan inti internal perangkat yang dapat mengakibatkan panas. Berikan waktu interval untuk mendinginkannya sesekali karena ponsel cerdas tidak dibuat untuk memainkan aplikasi seperti Modern Combat atau FIFA secara berlebihan.

Sebab, smartphone tidak seperti laptop yang memiliki ventilasi untuk membuang panas. Apalagi sebagian besar smartphone tidak dilengkapi dengan gel pendingin yang dapat membantu mengatasi masalah panas berlebih.

Asal kamu tahu, bermain game adalah tugas yang haus sumber daya yang mengakibatkan CPU dan GPU smartphone melakukan lebih banyak pekerjaan daripada biasanya sehingga smartphone cenderung menjadi lebih panas.

3. Faktor lingkungan

Ini yang menyebabkan masalah panas berlebih pada smartphone Android, begini cara menghindarinya foto: unsplash/toa heftiba

Smartphone Android lebih rentan mengalami panas berlebih saat dioperasikan di daerah yang lebih panas atau digunakan di bawah sinar matahari langsung. Karena itu, hindari meletakkan ponsel di dasbor mobil saat siang yang terik.

Tetapi hal penting yang perlu diingat ketika perangkat kamu yang menjalankan Android mengalami panas berlebih, periksa kondisi iklim eksternal sebelum mencari masalah internal.

4. Pengisian daya yang tidak konsisten

Ini yang menyebabkan masalah panas berlebih pada smartphone Android, begini cara menghindarinya foto: unsplash/andreas haslinger

Meskipun ponsel memiliki daya tahan baterai yang buruk, mengisi daya secara terus-menerus seharusnya tidak menjadi aktivitas sehari-hari. Dalam sehari, jumlah pengisian daya harus dibatasi paling banyak dua kali. Cara ini bukan hanya sangat memengaruhi masa pakai baterai, tetapi juga dapat merusak ponsel secara internal dari waktu ke waktu.

Ketika smartphone kamu panas, maka itu akan menguras baterai lebih cepat. Cobalah untuk menghindari pemakaian penuh dan jangan mengisi ulang ketika perangkat Android kamu sudah mati. Pengisian ulang secara parsial lebih baik untuk kesehatan baterai.

(brl/red)