10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking

Cara mendinginkan PC gaming

6. Gunakan kipas casing yang bertenaga

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking foto: freepik.com/evprokrey

Bagian paling penting dari PC yang berfungsi mendinginkan seluruh perangkat adalah kipas casing. Hampir setiap komputer akan dilengkapi dengan setidaknya satu kipas besar yang dipasang di samping atau depan desktop.

Fungsinya untuk menyedot udara dingin dan kemudian mendorong udara hangat yang dihasilkan komponen internal. Beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan tentang kipas casing baru adalah jumlah udara yang dapat dialirkan serta seberapa cepat kipas tersebut berputar pada pengaturan tertingginya.

Semakin banyak udara yang dapat didorong melalui casing, semakin efektif kipas ini dalam mendinginkan PC dan komponennya. Sementara itu, kipas yang bekerja secara efektif pada RPM yang lebih rendah akan lebih senyap dibandingkan kipas yang lebih cepat. Karena itu, penting untuk menemukan kipas yang tepat.

7. Memasang pendingin cair

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking foto: freepik.com/albertogarcia

Sebagian besar komputer dilengkapi dengan pengaturan default yang memanfaatkan pendinginan udara dari kipas dan heat sink. Namun, ada cara lain yang lebih efektif untuk menjaga PC gaming tidak terlalu panas yakni menggunakan sistem pendinginan cair.

Biasanya sistem pendingin ini melibatkan jaringan transfer tertutup yang mengalirkan cairan pendingin ke sejumlah komponen untuk menyerap panas dan kemudian memindahkannya ke luar komputer atau ke radiator untuk membuang kelebihan energi sebelum dikirim kembali ke PC.

Pengaturan pendingin cair sangat diperlukan bagi mereka yang memiliki PC kelas atas yang mampu menjalankan game-game berat. Sebagai bonus tambahan, sistem ini juga menghasilkan lebih sedikit kebisingan daripada pendingin kipas.

8. Sering membersihkan PC dari debu

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking foto: freepik.com/maxkyth

Penyebab terbesar perangkat elektronik menjadi terlalu panas adalah debu dan kotoran. Debu dapat dengan mudah menyumbat lubang kecil pada PC, yang dapat memengaruhi aliran udara sekaligus menghambat udara dingin masuk ke dalam komputer.

Debu juga dapat menumpuk pada komponen internal, sehingga komponen tersebut tidak dapat bekerja secara efisien dan menyebabkan penumpukan panas. Karena itu sebaiknya kamu sering membersihkan PC gaming dengan kain serat mikro atau menggunakan cairan pembersih debu.

9. Gunakan SDD daripada hard drive konvensional

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking foto: freepik.com/rsplaneta

Dalam beberapa tahun terakhir, SSD menjadi pilihan untuk penyimpanan. Dibanding hard drive konvensional, SSD memiliki beberapa keunggulan di antaranya kecepatan membaca dan menulis data dibanding hard drive standar..

Selain itu SSD juga menghasilkan lebih sedikit panas daripada hard drive. Tidak seperti hard drive, SSD tidak memiliki komponen bergerak sehingga tidak menimbulkan gesekan, yang menyebabkan suhu lebih tinggi.

SSD juga membutuhkan daya yang jauh lebih sedikit karena tidak ada risiko berputar. Dengan lebih sedikit energi yang mengalir, SSD tidak terlalu panas dan karenanya akan membantu menjaga seluruh PC lebih dingin daripada hard drive.

10. Gunakan PC secara bertanggung jawab

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking foto: freepik.com/dcstudio

Metode yang popular untuk meningkatkan performa PC gaming tanpa harus membeli komponen baru adalah dengan melakukan overclocking pada komputer. Nah cara ini biasanya dengan menjalankan CPU dan GPU pada kecepatan yang lebih tinggi dari standard teknisnya.

Konsekuensinya, seluruh komponen tersebut harus mengonsumsi lebih banyak energi dan bekerja lebih keras, sehingga suhu komponen tersebut meningkat lebih cepat daripada biasanya.

Intinya, overclocking dapat dengan mudah menyebabkan PC menjadi terlalu panas atau bahkan mengalami kerusakan karena komponen-komponen tersebut melebihi spesifikasinya.

Karena itu cara cepat dan mudah untuk mendinginkan PC yang telah di-overclock adalah dengan menjalankannya sebagaimana mestinya sehingga kecil kemungkinannya untuk menjadi terlalu panas. Artinya kamu harus menjalankan komputer dengan cara yang bertanggung jawab. Kamu harus mematikannya saat tidak digunakan atau membiarkan PC memasuki mode hibernasi.

Menutup aplikasi dan perangkat lunak yang tidak perlu juga akan memungkinkan untuk lebih mudah mengatur suhunya dan memungkinkan sistem pendingin melakukan tugasnya.

(brl/red)