10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking

Cara mendinginkan PC gaming

3. Hindari meletakkan alat-alat listrik di atas PC gaming

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking foto: freepik.com

Cara lain untuk membantu pendinginan, hindari meletakkan perangkat listrik lain di atas PC. Meskipun banyak orang menggunakan desktop sebagai dudukan untuk monitor, hard drive eksternal, atau perangkat keras lainnya, hal ini harus dihindari karena masing-masing perangkat tersebut juga akan mengeluarkan panas. Akibatnya semua perangkat yang diletakkan di atas desktop tersebut akan meningkat suhunya.

4. Gunakan casing komputer yang baik

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking foto: freepik.com/originalmockup

Casing berfungsi sebagai cangkang luar untuk berbagai bagian komponen komputer, mulai dari motherboard, hard drive, hingga catu daya. Casing melindungi semua komponen tersebut dalam satu paket yang rapi.

Ada baiknya kamu memilih casing yang dirancang untuk memberikan pendinginan ekstra dan mengatur suhu dengan lebih baik. Casing yang bagus, memiliki sejumlah keunggulan yang dapat memastikan semuanya terjaga pada suhu yang tepat.

Yang paling utama adalah cara udara mengalir melalui casing, dengan kipas dan ventilasi yang memungkinkan udara dingin masuk dan udara panas dikeluarkan. Casing ini juga sering kali memiliki beberapa bentuk filter untuk membantu menghentikan debu dan serpihan masuk ke dalam sistem, serta manajemen kabel untuk menjaga tetap rapi agar aliran udara lebih baik.

5. Tingkatkan kipas komponen PC

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking foto: freepik.com/rsplaneta

Cara selanjutnya untuk mendinginkan PC adalah dengan kipas. Hampir setiap komponen di dalam PC memiliki kipas khusus untuk membantu membuang panas. Kipas menjadi sangat penting untuk komponen yang boros daya yang perlu menarik banyak energi di dalam PC gaming, seperti CPU dan GPU.

Komponen khusus ini dapat dengan cepat mencapai suhu tinggi selama sesi permainan yang intens dan menghasilkan panas paling banyak di dalam casing. Memiliki kipas khusus untuk komponen-komponen ini dapat membantu mengatur suhu dengan lebih efisien dan menjaga seluruh komputer beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi.

Unit catu daya (power supply) juga merupakan bagian penting komputer yang dapat menghasilkan panas berlebih. Karena itu sebaiknya memilih catu daya dengan pasokan udar internal yang bagus dengan fitur pendingin untuk membantu mendinginkan seluruh komputer.

(brl/red)