Mengulik Acer Aspire Vero 14, laptop ramah lingkungan yang punya fitur jagoan  

Mengulik Acer Aspire Vero 14, laptop ramah lingkungan yang punya fitur jagoan  

Techno.id - Isu ramah lingkungan kini semakin digaungkan hampir di semua sektor kehidupan termasuk di dunia teknologi digital. Nggak heran jika kini makin banyak produk teknologi yang mengusung kampanye ini, salah satunya Acer.

Perusahaan teknologi ini pun membuat inovasi ramah lingkungan melalui Aspire Vero, laptop yang dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan daur ulang. Mengadopsi konsep R-E (REview, REthink, REduce, dan REcycle), laptop ini ditujukan bagi pengguna yang memiliki kepedulian lingkungan tentu saja dengan performa optimal yang bisa digunakan dalam berbagai kegiatan.

Menariknya laptop ini bebas cat dan 40% plastik yang digunakan untuk membuat sasisnya terbuat dari limbah pasca-konsumen. Tidak hanya itu, touchpad-nya juga terbuat dari plastik yang berasal dari lautan.

Nah techno.id pun mendapat kesempatan menjajal laptop ini. Bukan hanya dari sisi desain yang menarik, fitur dan teknologi yang disematkan pada laptop ini juga sangat mumpuni untuk dibawa beraktivitas di mana pun. Nah biar nggak penasaran dengan spesifikasi dan fitur Aspire Vero, langsung saja kita review laptop ramah lingkungan yang satu ini.

Desain unik tanpa cat

Mengulik Acer Aspire Vero 14, laptop ramah lingkungan yang punya fitur jagoan foto: acer indonesia

Seperti disebutkan di atas, bahwa Aspire Vero 14 yang mengantongi registrasi EPEAT Silver, dibuat dari plastik Post Consumer Recycled (PCR) yang ramah lingkungan, lebih berkelanjutan, dan mengurangi limbah, serta mengurangi sekitar 21% emisi CO2.

Acer menerapkan komposisi 30% plastik PCR untuk membuat seluruh sasis dan bezel layar, serta 50% plastik PCR pada bagian keyboard caps. Laptop ini diproduksi tanpa menggunakan cat, sehingga menghasilkan warna dan tekstur yang unik.

Generasi terbaru Aspire Vero ini dibalut warna biru laut (Marianna Blue) pada sekujur tubuhnya. Sesuai namanya Marianna Blue, warna ini terinspirasi dari sampah-sampah plastik dengan warna yang sama di lautan.

Warna tersebut juga menunjukkan bahwa salah satu bagian bumi yang semakin terdegradasi dan tercemar polusi adalah lautan. Penggunaan ocean-bound plastic dalam beberapa bagian Aspire Vero membantu mengurangi pencemaran plastik di pantai dan lautan kita.

Kemasan ramah lingkungan

Mengulik Acer Aspire Vero 14, laptop ramah lingkungan yang punya fitur jagoan foto: acer indonesia

Tak hanya body laptop, Acer juga mendesain box Vero ramah lingkungan. Mengusung desain Vero Green Package, kotak kemasan laptop ini dibuat dengan menggunakan kertas daur ulang hingga 90%.

Acer juga menghilangkan semua kemasan busa LDPE tanpa mengurangi kualitas pelindungnya. Selain itu, untuk lebih mengurangi dampak terhadap lingkungan, Acer tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus adaptor charger.

Kemasan laptop dan lembaran keyboard Vero terbuat dari polyester daur ulang. Polyester daur ulang memiliki keunggulan dibandingkan LDPE karena terbuat dari botol PET daur ulang dan bukan bahan baru. Ini mengurangi jumlah energi yang digunakan dalam produksi dan menghilangkan botol plastik dari lingkungan.

Selain itu, komponen di dalam kotak kemasan dapat dirakit dan digunakan kembali sebagai stand laptop ergonomis. Sebagai alternatif untuk membuang kotak kemasan setelah dibuka, kotak ini dapat dengan mudah dirakit dan digunakan kembali sebagai kotak penyimpanan atau pot tanaman, sehingga memberikan fungsi baru untuk memperpanjang masa penggunaan.

(brl/red)