10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking

Techno.id - Perangkat gaming khususnya Personal Computer (PC) umumnya punya satu kelemahan, cepat panas. Kondisi ini bisa terjadi karena biasanya game-game modern hanya dapat berjalan pada pengaturan yang tinggi dalam hal frekuensi gambar dan resolusi.

Hal ini membuat komponen seperti CPU dan RAM mengalami beban kerja yang berat. Akibatnya dapat menyebabkan panas yang terlalu cepat pada perangkat.

Bukan hanya hanya komponen yang berisiko mengalami kerusakan permanen akibat suhu tinggi, tetapi komputer juga bisa mati tiba-tiba. Selain itu, suara bising kipas bakal sangat mengganggu karena kipas dipaksa bekerja lebih berat untuk mendinginkan semua komponen yang ada di dalam perangkat gaming.

Nah untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, tanpa harus selalu membeli komponen sistem pendingin. Kebiasaan meletakkan perangkat gaming juga menjadi salah satu faktor untuk membantu pendinginan.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi overheat pada PC gaming kamu yang berhasil dirangkum techno.id dari berbagai sumber, Sabtu (20/5).

1. Letakkan perangkat gaming di tempat yang sesuai

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking foto: freepik.com/quadgraphics

Salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menjaga PC gaming tetap dingin dan mencegahnya dari panas berlebih adalah dengan memposisikannya di tempat yang sesuai. Saat memilih tempat untuk meletakkan PC gaming, kamu harus mempertimbangkan banyak faktor yang disesuaikan dengan tata letak ruangan. Di mana kamu akan meletakkan meja untuk PC gaming.

Akan lebih baik jika ruangan memiliki sistem pendingin ruangan (AC) karena akan membantu perangkat tidak cepat panas. Jika memang tak memiliki AC, usahakan meletakkan PC gaming di area yang lebih terbuka. Jangan tempatkan di dalam kabinet (rak) yang sirkulasi udaranya kurang memadai.

2. Usahakan memiliki ventilasi yang cukup

10 Cara merawat PC gaming tetap dingin, sering dibersihkan dan hindari overlocking foto: freepik.com/dcstudio

Cara lain untuk menjaga PC gaming tetap dingin yang juga sangat sederhana adalah dengan memberikan ruang yang cukup. Jika meja komputer kamu menggunakan kabinet, usahakan memiliki ventilasi.

Memang tidak ada standard baku untuk meletakkan PC gaming di dalam rak, tetapi ada baiknya kamu setidaknya memberikan ruang beberapa centimeter di sekitar sisi komputer sehingga dapat dengan mudah mengeluarkan udara panas dan menghirup udara dingin untuk membantu proses pendinginan secara keseluruhan.

Selain itu sangat penting untuk menjaga agar semua bukaan kipas dan ventilasi tetap bersih sehingga udara dapat bersirkulasi sebagaimana mestinya. Meski banyak orang memilih meletakkan PC gaming di dalam kabinet karena alasan lebih rapi sekaligus untuk mengurangi kebisingan yang berasal dari komputer, namun hal tersebut akan sangat menghambat kemampuanperangkat untuk mendinginkan dengan cara yang efektif.

(brl/red)