10 Cara memperbaiki ponsel cerdas Android yang tidak mengisi daya

10 Cara memperbaiki ponsel cerdas Android yang tidak mengisi daya

Techno.id - Apakah ponsel cerdas Android kamu menolak untuk mengisi daya? Jangan panik. Ini adalah masalah yang cukup umum di ponsel cerdas Android. Seperti kebanyakan perangkat teknologi, masalah pengisian daya dapat terjadi pada perangkat keras atau perangkat lunak.

Namun, pada ponsel cerdas Android biasanya disebabkan pengisi daya atau stopkontak yang rusak. Bagian pengisi daya mungkin rusak, sehingga ponsel tidak dapat diisi dayanya.

Masalah perangkat keras di bagian seperti port pengisian daya juga bisa menjadi penyebab masalah pengisian daya. Meskipun jarang terjadi, masalahnya juga bisa terkait dengan perangkat lunak. Ponsel cerdas mungkin mengalami kesalahan sistem atau memiliki terlalu banyak aplikasi yang mengisi daya.

Cara mengisi daya ponsel cerdas Android

Sekarang setelah kamu mengetahui mengapa ponsel cerdas Android kamu tidak mengisi daya, coba perbaikan ini. Yuk kita mulai.

1. Mulai ulang ponsel cerdas

10 Cara memperbaiki ponsel cerdas Android yang tidak mengisi daya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Hal pertama yang harus dilakukan saat menghadapi masalah atau bug Android apa pun adalah me-reboot ponsel. Mem-boot ulang akan mengosongkan memori dan menutup aplikasi latar belakang, memberikan ponsel cerdas awal yang baru.

Untuk mem-boot ulang ponsel cerdas, tekan tombol daya di bagian samping ponsel hingga kamu melihat menu daya Android. Ketuk tombol Mulai Ulang.

Tunggu hingga perangkat mati lalu hidup lagi. Colokkan ponsel dan itu akan mulai mengisi daya. Jika perangkat tidak menampilkan menu daya saat menekan tombol daya, kamu harus memeriksa metode alternatif.

2. Periksa adaptor daya dan kabel

10 Cara memperbaiki ponsel cerdas Android yang tidak mengisi daya foto: freepik/mateus andre

Periksa adaptor dan kabel. Apakah adaptor rusak, terbakar, atau rusak? Apakah kabel robek atau terpotong di tepinya? Kerusakan ini dapat menyebabkannya berhenti mengisi daya ponsel cerdas dengan benar. Coba isi daya ponsel dengan pengisi daya yang berbeda. Jika mulai mengisi daya, adaptor atau kabel kamu yang bermasalah. Uji bagian-bagian yang berbeda untuk melihat mana yang buruk dan kemudian ganti.

3. Periksa stopkontak

10 Cara memperbaiki ponsel cerdas Android yang tidak mengisi daya foto: freepik/pvproductions

Jika masih tidak mendapatkan respons dengan pengisi daya yang berbeda, coba stopkontak yang berbeda. Mungkin ada masalah dengan stopkontak yang dicolokkan ke ponsel kamu. Jika kamu tersambung ke power bank atau port USB di komputer dan ponsel tidak mengisi daya, pindahkan ke stopkontak. Terkadang, power bank dan port USB komputer mengisi daya ponsel dengan sangat lambat, yang mungkin dianggap tidak mengisi daya. Kamu juga dapat mengisi daya perangkat secara nirkabel jika ponsel memiliki fitur tersebut.

4. Lepaskan casing ponsel

10 Cara memperbaiki ponsel cerdas Android yang tidak mengisi daya foto: freepik/mateus andre

Casing ponsel yang tebal dapat menghalangi pengisi daya agar tidak dicolokkan sepenuhnya ke port pengisi daya. Kamu dapat memeriksanya hanya dengan mengisi daya ponsel dengan casing dibuka. Jika telepon mengisi daya, maka kamu tahu masalahnya.

Casing juga dapat menyebabkan masalah dengan pengisian daya nirkabel. Jika casing terlalu tebal, pengisian daya dapat melambat, dan bahan tertentu dapat menghalangi pengisian daya sama sekali.

5. Periksa port pengisian daya

10 Cara memperbaiki ponsel cerdas Android yang tidak mengisi daya foto: freepik/pvproductions

Periksa port pengisian daya apakah ada kerusakan, benda tersangkut, dan debu. Jika ada debu, tiup bagian dalam port dengan lembut untuk menghilangkan kotoran. Jika ada benda yang tersangkut, gunakan tusuk gigi kayu dengan hati-hati untuk mengeluarkannya. Jika port pengisian daya rusak atau kamu tidak dapat melepas benda tersebut, bawa ponsel ke pusat perbaikan untuk diperbaiki.

(brl/red)