Smartphone Android kamu sering mati mendadak? Begini cara memeriksa kinerja dan kesehatan baterainya

Smartphone Android kamu sering mati mendadak? Begini cara memeriksa kinerja dan kesehatan baterainya

Techno.id - Kesehatan dan kinerja baterai ponsel cerdas mulai menurun seiring penggunaan. Karena itu melacak kesehatan dan penggunaan baterai ponsel cerdas akan membantu kamu mengidentifikasi aplikasi dan pengaturan mana yang paling banyak menghabiskan daya.

Dengan begitu akan membantu kamu membuat perubahan jika diperlukan. Ada beberapa alat dan opsi untuk memeriksa kesehatan dan kinerja baterai ponsel atau tablet Android, seperti kode panggil rahasia atau alat bawaan.

Namun pengaturan dan fitur Android sedikit berbeda tergantung pada model ponsel yang kamu gunakan. Merek seperti Samsung, Google, atau Xiaomi, misalnya, memiliki pengaturan dan fitur yang sedikit berbeda, jadi ada kemungkinan langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini tidak persis seperti yang akan dilihat di ponsel kamu, tetapi langkah-langkah tersebut akan membantu kamu mencapai tujuan untuk mengetahui kinerja dan memeriksa kesehatan baterai.

1. Cara memeriksa kesehatan baterai melalui pengaturan ponsel

Smartphone Android kamu sering mati mendadak? Begini cara memeriksa kinerja dan kesehatan baterainya foto: tangkapan layar/techno,id/yani andriyansyah

Ini adalah metode yang paling mudah karena kamu hanya perlu mencari opsi menu Baterai di aplikasi Pengaturan. Kamu kemudian dapat menemukan informasi kesehatan dan data terkait kinerja lainnya. Berikut caranya.

1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel. Biasanya berupa ikon roda gigi.

2. Gulir ke bawah daftar dan pilih Baterai.

3. Kamu akan diberikan beberapa informasi kesehatan baterai, seperti tingkat pengisian daya saat ini dan penggunaan daya dalam 24 jam terakhir.

4. Untuk informasi selengkapnya, pilih opsi Penggunaan Baterai.

2. Menggunakan kode panggil untuk memeriksa kesehatan baterai di ponsel Android

Smartphone Android kamu sering mati mendadak? Begini cara memeriksa kinerja dan kesehatan baterainya foto: tangkapan layar/techno,id/yani andriyansyah

Metode ini tidak diketahui secara luas atau kurang popular. Namun di beberapa ponsel, kamu dapat memasukkan kode khusus di aplikasi telepon untuk langsung mengakses informasi kesehatan baterai di ponsel Android kamu.

Pendekatan ini menawarkan informasi yang sedikit terbatas, dan kodenya mungkin tidak berfungsi pada beberapa model ponsel Android. Berikut cara menggunakan metode kode panggil.

1. Buka aplikasi Telepon.

2. Ketik kode *# * #4636#*#* pada papan tombol ponsel.

3. Pada layar pembuka, periksa apakah Informasi Baterai ada di antara item menu dan ketuk untuk mendapatkan informasi kesehatan baterai.

4. Jika kamu tidak melihat menu Informasi Baterai, berarti kode ini tidak berfungsi di perangkat Android kamu. Dalam hal ini, mari kita coba menggunakan opsi lain.

(brl/red)