Pembaruan iOS 17.4 diam-diam meningkatkan kecepatan pengisian daya nirkabel iPhone 12  

Pembaruan iOS 17.4 diam-diam meningkatkan kecepatan pengisian daya nirkabel iPhone 12  

Techno.id - Apple merilis salah satu pembaruan iOS terbesar untuk iPhone awal bulan ini. Pembaruan ini menghadirkan beberapa fitur. Misalnya saja, pembaruan iOS 17.4 yang baru memungkinkan pengguna melakukan sideload aplikasi di iPhone dan menginstal toko aplikasi pihak ketiga.

Terlepas dari perubahan ini untuk App Store dan pengembang, Apple masih berhasil memasukkan beberapa fitur untuk pengguna, terutama mereka yang memiliki iPhone 12. Di mana Apple secara diam-diam meningkatkan kecepatan pengisian daya nirkabel iPhone 12, menghadirkan dukungan Qi2 ke iPhone yang sudah berusia tiga tahun itu.

Jika kamu tidak terbiasa, iPhone 12 dapat diisi daya secara nirkabel dengan kecepatan 15W. Tetapi aksesori pihak ketiga dibatasi hingga pengisian daya 7,5 W. Dengan hadirnya standar Qi2 baru oleh Wireless Power Consortium, yang didasarkan pada MagSafe, pengguna akan dapat mengisi daya perangkat mereka dengan kecepatan penuh 15W.

Pembaruan iOS 17.4 diam-diam meningkatkan kecepatan pengisian daya nirkabel iPhone 12 foto: freepik/rawpixel.com

Apple memperkenalkan teknologi MagSafe baru dengan peluncuran jajaran iPhone 12, dan pada saat itu, pengguna mengisi daya perangkat mereka hanya dengan meletakkannya di pengisi daya bersertifikasi Qi.

Dengan dirilisnya iOS 17.4, Apple meningkatkan kecepatan pengisian daya nirkabel iPhone 12 melalui pengisi daya nirkabel bersertifikasi Qi2. Hal ini memungkinkan pengguna setara dengan flagships Apple saat ini. Pembaruan tersebut tidak mengejutkan, karena Apple memperbarui kecepatan pengisian daya nirkabel dari jajaran iPhone 13 dan iPhone 14 tahun lalu. Namun, Apple tidak akan menghadirkan kecepatan Qi2 ke model iPhone lama.

Ada alasan sederhana mengapa pengisian daya nirkabel yang lebih cepat tidak akan tersedia pada model iPhone yang lebih lama dari iPhone 12. Sebab banyak berkaitan dengan teknologi MagSafe. Model iPhone lama tidak menampilkan MagSafe, yang merupakan magnet yang disusun dalam lingkaran konsentris di belakang iPhone yang memungkinkan aksesori dan pengisi daya menempel dengan aman di belakang perangkat.

Pembaruan iOS 17.4 diam-diam meningkatkan kecepatan pengisian daya nirkabel iPhone 12 foto: freepik/rawpixel.com

Artinya iPhone 11 dan model lama dengan kemampuan pengisian daya nirkabel tidak akan dapat menggunakan standar Qi2. Ini juga berarti bahwa produsen ponsel cerdas Android dapat memanfaatkan standar Qi2 dengan menawarkan teknologi seperti MagSafe di ponsel cerdas masa depan.

Menurut pengujian yang dilakukan Macworld, iPhone 12 dapat diisi daya dengan kecepatan pengisian nirkabel 15W penuh saat menggunakan pengisi daya Qi2 setelah pembaruan iOS 17.4 meski Apple tidak menyebutkan perubahan dalam catatan rilis iOS 17.4 tersebut.

(brl/red)