5 Tips praktis mengatasi masalah ponsel cerdas Android yang tidak dapat mengisi daya

5 Tips praktis mengatasi masalah ponsel cerdas Android yang tidak dapat mengisi daya

Techno.id - Saat kamu mencolokkan ponsel cerdas dan melihat perangkat tidak mengisi daya, mungkin hal tersebut bakal membuat kamu kesal. Namun, sebelum kamu terburu-buru ke tempat servis, ada beberapa hal yang harus kamu coba terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa cara untuk mengisi daya ponsel Android secara normal.

1. Mulai ulang ponsel

5 Tips praktis mengatasi masalah ponsel cerdas Android yang tidak dapat mengisi daya foto: freepik/eyesartist

Setiap kali ada sesuatu yang tidak berfungsi seperti biasa di ponsel cerdas, reboot adalah cara terbaik untuk memulai. Ponsel cerdas modern adalah perangkat kecil yang rumit, selalu menjalankan ratusan proses di latar belakang, yang diperlukan hanyalah satu upaya untuk membuat segalanya mulai berjalan.

Cukup mematikan dan menghidupkan kembali ponsel cerdas kamu dapat memperbaiki masalah pengisian daya dengan sangat baik. Jadi cobalah sebelum beralih ke hal yang lebih berat.

2. Coba kabel, soket, atau adaptor dinding yang berbeda

5 Tips praktis mengatasi masalah ponsel cerdas Android yang tidak dapat mengisi daya foto: freepik/pvproductions

Ini kemungkinan penyebab lainnya, karena meskipun kabel pengisi daya terlihat bagus dari luar, sambungannya mungkin longgar atau putus di bagian dalam. Hal yang sama berlaku untuk stopkontak dan adaptor pengisi daya. Jadi pastikan untuk mencoba menukarnya dengan yang lain.

Untungnya, sebagian besar ponsel Android menggunakan kabel USB-C untuk mengisi daya, jadi kamu bisa meminjam milik anggota keluarga atau teman.

Selain itu, perlu diingat bahwa kamu dapat menggunakan port USB di laptop atau komputer desktop untuk mengisi daya ponsel, jadi kamu dapat mencoba mencolokkannya ke salah satu port tersebut jika kamu mencurigai adaptor pengisi daya yang rusak.

3. Mulai ponsel dalam mode aman

5 Tips praktis mengatasi masalah ponsel cerdas Android yang tidak dapat mengisi daya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika tips di atas tidak berhasil, mem-boot dalam mode aman adalah langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan. Opsi ini memuat lingkungan yang aman tanpa aplikasi atau add-on tambahan apa pun yang telah kamu unduh.

Proses untuk masuk ke mode aman akan sedikit berbeda pada setiap ponsel. Tetapi kamu biasanya dapat mengaksesnya dengan menahan tombol daya hingga muncul prompt, lalu menekan lama ikon "Matikan".

Jika itu tidak berhasil, pilihan terbaik adalah mencari di Google merek dan model ponsel kamu bersama dengan "mode aman". Jika kamu menemukan bahwa ponsel dapat mengisi daya saat dalam mode aman, tetapi tidak keluar dari mode aman, maka ada sesuatu yang kamu unduh salah. Coba hapus aplikasi apa pun yang telah kamu unduh sejak terakhir kali mengisi daya ponsel.

(brl/red)