Ini bocoran kapasitas baterai jajaran iPhone 16, ada peningkatan tapi ada juga yang dipangkas

Ini bocoran kapasitas baterai jajaran iPhone 16, ada peningkatan tapi ada juga yang dipangkas

Techno.id - Dalam beberapa tahun terakhir Apple telah memberikan daya tahan baterai yang luar biasa pada ponsel terbesarnya. Kabarnya tren tersebut bakal dilanjutkan pada iPhone 16 Pro Max. Sementara untuk iPhone 16 Plus justru sebaliknya.

Berdasarkan bocoran dari OvO Baby Sauce OvO di Weibo (via Phone Arena), iPhone 16 Pro Max kabarnya akan dibekali kapasitas baterai 4.676 mAh, yang akan membuatnya 5,7% lebih besar dari sel 4.422 mAh di dalam iPhone 15 Pro Max.

Meski bukan peningkatan yang besar-besaran, tetapi mengingat iPhone 15 Pro Max sudah menawarkan umur panjang yang sangat solid, iPhone 16 Pro Max kemungkinan akan memiliki chipset A18 Pro yang lebih efisien. Ini pertanda cukup menjanjikan untuk masa pakai baterai.

iPhone 16 Series dikabarkan memiliki layar 6,9 inci yang sedikit lebih besar, sehingga dapat menguras baterai lebih cepat. Karena itu banyak yang mempertanyakan apakah umur panjangnya baterai akan sama atau lebih baik daripada iPhone 15 Pro Max?

Dari yang lebih besar ke yang lebih kecil

Ini bocoran kapasitas baterai jajaran iPhone 16, ada peningkatan tapi ada juga yang dipangkas foto: freepik

Namun, untuk iPhone 16 Plus justru terjadi sebaliknya. Perangkat ini dikabarkan hanya memiliki baterai 4.006 mAh, artinya 8,6% lebih kecil dari paket daya 4.383 mAh di dalam iPhone 15 Plus.

Padahal iPhone 15 Plus mampu memberikan masa pakai baterai terbaik di pasaran. Jadi pengurangan 8,6% dapat melemahkan salah satu sorotan terbesar pendahulunya. Sementara bocoran lainnya, kapasitas untuk dua model lainnya yakni iPhone 16 akan memiliki baterai 3.561 mAh, naik 5,8% dari sel iPhone 15 yang berkapasitas 3.367 mAh.

Sedangkan iPhone 16 Pro bakal memiliki baterai 3.355 mAh, yang hanya naik 2% dari iPhone 3.290 mAh 15 Pro. Meski ada peningkatan, tetapi ponsel ini dikabarkan memiliki layar yang lebih besar dari pendahulunya. Artinya, peningkatan kapasitas baterai itu mungkin tidak akan berpengaruh pada masa pakai baterai.

(brl/red)