CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 20 Februari 2016 19:00

Pemerintah AS nyatakan hoverboard tak aman digunakan

Jika masih nekat diperjualbelikan, maka akan berurusan dengan hukum pidana maupun perdata

Pemerintah AS nyatakan hoverboard tak aman digunakan

Techno.id - Tren papan seluncur melayang alias hoverboard seakan tak pernah berjalan mulus. Kali ini, pemerintah AS melalui Consumer Product Safety Commission (CPSC) baru saja menyatakan jika hoverboard tak aman untuk digunakan.

Mengutip laman Mashable (20/02), maksud tak aman di sini adalah tidak memenuhi standar keamanan baru yang telah ditetapkan. Jika masih tetap nekat diperjualbelikan, maka akan berurusan dengan hukum pidana maupun perdata.

Menurut informasi yang beredar, CPSC telah memerintahkan pihak produsen dan pengecer untuk memenuhi standar aturan baru yang berlaku. Sedangkan untuk hoverboard dengan regulasi lama, pihak pemerintah kini berwenang menyita.

Di akhir tahun lalu, Amazon merupakan salah satu toko yang mulai berhenti menjual hoverboard. Raksasa e-commerce itu bahkan menawarkan uang kembali jika pelanggan mengembalikan hoverboard yang sudah terlanjur dibeli.

Belakangan ini, hoverboard memang sering diberitakan mudah meledak dan berpotensi menimbulkan kebakaran berbahaya. Perangkat ini bahkan telah dilarang di beberapa negara. Misalnya seperti New South Wales dan Australia.

WHAT TO READ NEXT ?