Manus, hadirkan pengalaman VR sesungguhnya di HTC Vive

Manus, hadirkan pengalaman VR sesungguhnya di HTC Vive

Techno.id - Awal Maret lalu HTC resmi merilis perangkat virtual reality-nya, Vive. Saking dinantinya perangkat ini, kabarnya 15 ribu Vive telah terjual dalam waktu kurang dari 10 menit.

Nah, untuk melengkapi kecanggihan perangkat VR terbaru besutan pabrikan asal Tiongkok tersebut, baru-baru ini diluncurkan sebuah sarung tangan VR khusus bernama Manus. Sarung tangan ini diklaim sangat istimewa karena dapat membuat Anda pengguna HTC Vive mengontrol dan memanipulasi objek yang disajikan oleh aplikasi VR dengan tangan.

Sebagaimana dikutip dari SlashGear (12/3/16), kecanggihan Manus itu tak lepas dari teknologi pelacakan posisi Lighthouse Valve. Menariknya, meski dibekali dengan teknologi canggih tersebut sarung tangan VR ini bisa dicuci layaknya sarung tangan biasa.

Tak hanya mengusung teknologi Lighthouse Valve, Manus sarung tangan VR juga kabarnya dilengkapi dengan gelang yang dapat mengontrol pergerakan VR pada HTC Vive. Perangkat yang bisa di-order mulai minggu depan dalam versi dev-kit ini pun juga dilaporkan akan dilengkapi dengan motor vibrasi untuk memprogram tingkat perbedaan rabaan atau sentuhan serta baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 8 jam.

Pihak Manus mengungkapkan bahwa selain akan kompatibel dengan HTC Vive, perangkat buatannya juga akan kompatibel dengan Google Cardboard dan Samsung Gear VR. Selain itu, nantinya pihak Manus juga dilaporkan akan menyediakan SDK kit open-source bersamaan dengan jadwal perilisan.

Versi dev-kit aksesori ini kabarnya akan mulai diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2016. Jika Anda tertarik memilikinya, maka siap-siap merogoh kocek sekitar Rp3,25 jutaan.

(brl/red)