Layar AMOLED vs layar IPS, mana yang terbaik?

Layar AMOLED vs layar IPS, mana yang terbaik?

Techno.id - Ketika membeli sebuah smartphone, Anda bisa dibuat bingung dengan bermacam-macam jenis layar smartphone. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengenal beberapa layar yang sering disematkan pada smartphone, seperti layar AMOLED dan layar IPS.

Kedua layar tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, di sini Techno.id ingin membantu menunjukkan kepada Anda manakah layar yang lebih bagus dari dua jenis layar tersebut, seperti yang disadur dari Gizmag.

Layar AMOLED

(AMOLED) Active Light-Emitting Diode Matrix Organic merupakan jenis layar yang menggunakan teknologi OLED. Sedangkan teknologi OLED adalah teknologi yang memanfaatkan anoda dan katoda sebagai aliran elektron pada film yang sangat tipis.

Layar AMOLED mempunyai warna yang cerah tetapi kualitasnya akan menurun dari waktu ke waktu. Terlebih, harganya yang terlalu mahal membuat para vendor gadget berpikir dua kali jika ingin menyematkan layar ini pada smartphone mereka. Selain itu, terkadang layar AMOLED kurang begitu tajam apabila dilihat dari jarak yang sangat dekat.

Berbeda dengan layar Super AMOLED yang menawarkan kecerahan layar dan daya tahan baterai lebih baik dari AMOLED. Maka tak heran bila Samsung sering menggunakan jenis layar ini pada beberapa smartphone mereka. Lalu, apa perbedaan layar AMOLED dan Super AMOLED? Bedanya hanya terletak pada letak sensor layar sentuhnya. AMOLED memiliki lapisan tambahan untuk sensor sentuhan, sedangkan Super AMOLED langsung jadi satu dengan layar utama.

(brl/red)