Google gunakan suara untuk mengunci layar smartphone Anda

Google gunakan suara untuk mengunci layar smartphone Anda

Techno.id - Google baru-baru ini meluncurkan sebuah pilihan baru untuk mengunci layar smartphone Anda dengan fitur smart lock Trusted Voice. Dilaporkan Lifehacker (13/4/15), fitur Trusted Voice memungkinkan Anda untuk membuka layar perangkat Anda hanya melalui perintah suara saja.

Nantinya, Anda hanya perlu mengatakan "Ok, Google" misalnya, maka layar smartphone Anda akan terbuka secara otomatis. Google meyakinkan, jika nantinya fitur ini hanya bisa melakukan perintah membuka kunci layar smartphone dengan suara Anda saja. Jadi, orang yang iseng ingin mengutak-atik smartphone Anda akan kesulitan membuka kunci layar smartphone jika tanpa suara asli dari Anda.

Kendati demikian, Google mengingatkan bahwa sistem penguncian ini tidak benar-benar aman 100 persen. Pasalnya, jika ada orang iseng yang tiba-tiba merekam suara Anda ketika mengatakan "Ok, Google", lalu kemudian menggunakannya untuk membuka kunci perangkat Anda maka segala file pribadi yang ada didalamnya masih tetap rentan diretas.

Saat ini, fitur Trusted Voice hanya bisa di akses secara terbatas melalui Play Services, sehingga belum jelas kapan fitur unik Google ini bisa Anda cicipi.

(brl/red)