Layar sentuh di gadget Anda akan berevolusi ke layar 3D?

Layar sentuh di gadget Anda akan berevolusi ke layar 3D?

Techno.id - Setelah sekian lama memakai layar sentuh 2D, para ilmuwan merasa bahwa teknologi tersebut telah usang. Mereka tahu bahwa layar sentuh 2D sudah banyak disematkan pada semua perangkat gadget. Hal ini yang menjadikan para ilmuwan menciptakan teknologi baru yang lebih menakjubkan. Salah satunya adalah teknologi layar 3D yang memungkinkan tampilan fisik nyata di atas permukaan layar.

Jason Alexander, dari Universitas Lancaster meyakini bahwa prototipe layar 3D yang sedang ia kembangkan akan menjadi teknologi layar sentuh di generasi mendatang, seperti yang disadur dari Gizmodo (4/04/2015).

Coba Anda amati layar 3D tersebut, Anda akan melihat batang-batang kotak yang berjejer rapi dengan aneka warna seperti pelangi. Batang ini yang berperan sebagai benda fisik yang menonjol keluar dari permukaan layar.

Perangkat 3D ini akan mengubah pandangan dunia untuk lebih berinovasi membuat aplikasi antarmuka baru. Mungkin Anda nantinya dapat bermain game secara nyata yang karakternya dapat Anda pegang dengan tangan.

Walaupun itu masih dalam angan-angan, setidaknya layar 3D milik Jason sudah dapat digunakan untuk menampilkan grafik batang dari suatu data. Pengguna dapat menampilkan visualisasi data dasar, seperti mengolah baris dan kolom data, membandingkan data, membuat anotasi, dan masih banyak lagi.

Ini langkah awal yang baik untuk perkembangan layar 3D. Ke depannya, teknologi ini pasti akan segera disematkan ke dalam sebuah perangkat yang lebih menakjubkan. Nantikan saja, teknologi apa yang bakal dihadirkan dari layar 3D.

(brl/red)