10 Kuartal berturut-turut, Samsung rajai pasar smartTV Tiongkok

10 Kuartal berturut-turut, Samsung rajai pasar smartTV Tiongkok

Techno.id - Pasar Tiongkok ternyata masih berada dalam cengkraman Samsung. Walau bukan di sektor smartphone, nyatanya Samsung masih bisa menguasai pasar smartTV Tiongkok. Kerennya lagi, perusahaan asal Korea Selatan itu sudah menduduki tahta puncak sebagai produsen smartTV paling top di sana sejak kuartal pertama 2013.

Sesuai laporan dari YonhapNews.co.kr (12/07/15), data ini dibuktikan dari analisis pasar milik GfK. Dengan persentase saham mencapai 20,8 persen, Samsung pun sukses bertahan di peringkat pertama.

Torehan ini juga membuktikan kalau produsen besar lain masih sulit untuk mengejar Samsung. Sebab, Sharp (11,8 persen) dan Sony (8,6 persen) hanya berada di nomor tiga dan empat. Sementara itu, tepat di bawah Samsung, ada merek asli Tiongkok Hisense Co. dengan share sejumlah 14,1 persen.

Di skala global, Samsung juga belum terkalahkan. Tahun lalu, mereka menguasai 28,2 persen pangsa pasar smartTV dunia, diikuti oleh LG dan Sony dengan 15,2 persen dan 7,6 persen.

Menurut analisis dari Display Search, penjualan smartTV tahun ini sendiri diperkirakan meningkat menjadi 97,1 juta unit. Sementara tahun 2014, hanya ada 86,8 juta unit yang terjual.

(brl/red)