Memudahkan penyandang disabilitas, ini 5 fitur terbaru yang ada di iOS 17 dan Pad OS 17

Memudahkan penyandang disabilitas, ini 5 fitur terbaru yang ada di iOS 17 dan Pad OS 17

5 Fitur terbaru di iOS 17 dan Pad OS 17

Memudahkan penyandang disabilitas, ini 5 fitur terbaru yang ada di iOS 17 dan Pad OS 17

foto: freepik.com

1. Assistive Accsess

Fitur ini nantinya dikhususkan untuk pengguna disabilitas kognitif/intelektual. Apple secara khusus menyatakan jika Assitive Accsess merupakan fitur yang telah dikonsultasikan dan diberi masukan oleh penyandang disabilitas tersebut. Assistive Accsess hadir menyederhanakan interface iOS dan iPadOS agar komunikasi, berbagai foto, mendengarkan musik, dan lainnya menjadi lebih mudah.

Dalam fitur ini juga mencakup penyatuan aplikasi Phone dan FaceTime menjadi satu aplikasi Panggilan. Tombol kontras tinggi dan judul teks yang besar juga dapat diatur untuk melayani kebutuhan aksesibilitas.

2. Live Speech

Live Speech akan difungsikan untuk membantu penggunanya yang tidak dapat berbicara. Fitur ini bekerja dengan memungkinkan pengguna mengetik apa yang ingin dikatakan, membiarkan teks tersebut dibacakan secara keras selama panggilan telepon, obrolan FaceTime, dan percakapan tatap muka. Beberapa kata dan frasa umum dapat disimpan oleh Live Speech dan dapat disampaikan di lain waktu.

3. Personal Voice

Personal Voice dikhususkan bagi mereka yang sedang dalam kondisi terancam kehilangan kemampuan berbicara karena Amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Personal Voice menggunakan machine learning atau algoritma yang menghasilkan suara pribadi bagi tiap individu penggunanya. Untuk membuat suara pribadi ini, pengguna dapat membaca beberapa kata dan frasa ke mikrofon iPhone atau iPad selama 15 menit.

Personal Voice akan mengintegrasikannya dengan fitur Live Speech guna dibunyikan saat berbicara dengan orang lain. Personal Voice hanya akan tersedia dalam bahasa Inggris dan dalam perangkat yang didukung Apple silicon.

4. Point and Speak

Fitur Point and Speak menggunakan kamera iPhone dan pemindai LiDAR untuk membuat orang yang tidak bisa melihat berinteraksi dengan objek atau benda fisik yang memiliki label teks. Contohnya seperti pengoperasian alat rumah tangga semacam microwave, Point and Speak akan membacakan secara keras teks pada tiap-tiap tombol saat penggunanya menggerakan jarinya di atas keypad. Pint and Speak akan tersedia dalam bahasa Inggris, Perancis, Itali, Jerman, Spanyol, Portugis, Tiongkok, Kanton, Jepang, dan Ukraina.

5. Voice Control

Voice Control menambahkan saran fonetik untuk pengeditan teks. Maksudnya, fitur ini akan membantu pengguna yang mengetik menggunakan suaranya untuk memilih kata yang tepat dari beberapa kata yang memiliki kemiripan bunyi. Contohnya seperti 'do', 'due', 'dew'.

(brl/guf)